ZUK Z1 Sandalwood, Smartphone Mid-Range dengan Casing Kayu

KabarTeknologi.com – ZUK Z1 Sandalwood adalah smartphone terbaru dari ZUK yang diperuntukan bagi konsumen kelas menengah. Smartphone ini tampil menarik dengan casing belakang yang terbuat dari kayu. Casing tersebut membuat tampilan luar dari Z1 Sandalwood terlihat lebih elegan.

ZUK Z1 Sandalwood sendiri dijual dengan harga $250 atau sekitar Rp 3,2 jutaan. Harga tersebut tidak jauh berbeda dengan harga yang ditawarkan untuk ZUK Z1 versi standar. Lalu bagaimana dengan spesifikasinya?

ZUK Z1 Sandalwood

Varian terbaru dari ZUK Z1 ini masih membawa spesifikasi yang sama seperti versi standarnya. Di sektor kamera, ZUK Z1 Sandalwood ini memiliki layar sentuh berukuran 5,5 inci yang dilengkapi teknologi panel IPS (In-Plane Switching). Layar full HD 1920 x 1080 piksel tersebut hadir dengan kerapatan piksel 401 ppi sehingga mampu menampilkan gambar dengan tampilan yang cukup jernih. Sayangya, tidak ada informasi mengenai penggunaan lapisan pelindung seperti AGC Dragontrail atau Gorilla Glass.

Smartphone kelas menengah terbaru dari ZUK ini menggunakan Cyanogen OS 12.1, sebuah OS yang berbasis Android 5.1 Lollipop. Untuk urusan performa, Z1 Sandalwood terbilang cukup powerful. Ini berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 801 MSM 8974AC yang tersemat di sektor dapur pacunya. Chipset dengan prosesor quad-core Krait 400 berkecepatan 2,5GHz tersebut juga diperkuat dengan pengolah grafis Adreno 330 dan RAM berkapasitas 3GB. Untuk menunjang spesifikasinya, ZUK Z1 Sandalwood menggunakan baterai berkapasitas 4100mAh yang dilengkapi dengan fitur Fast Charger.

Selain dapur pacu yang cukup powerful, ZUK Z1 Sandalwood juga memiliki sektor kamera yang cukup mumpuni. Di sektor tersebut terdapat kamera utama beresolusi 13 megapiksel yang menggunakan sensor Sony IMX214 CMOS. Kamera dengan aperture f/2.0 tersebut juga sudah dilengkapi dual LED flash. Sementara di bagian depan, hadir kamera sekunder beresolusi 8 megapiksel yang didukung sensor OmniVision.

ZUK Z1 Sandalwood memiliki ROM berkapasitas 64GB. Sayangnya smartphone ini sama sekali tidak dilengkapi slot microSD. Sementara untuk konektivitas, Z1 Sandalwood didukung dengan fitur-fitur seperti GPS, Bluetooth, 3G HSPA, WiFi, 4G LTE, NFC dan lain-lain.

Seperti yang terlihat, ZUK Z1 Sandalwood tidak hanya hadir dengan tampilan yang cukup elegan, tetapi juga membawa spesifikasi yang sangat menarik. Selain itu, performanya juga terbilang cukup powerful untuk ukuran smartphone mid-range. Saat ini smartphone tersebut sudah tersedia di Tiongkok. Sayangnya tidak tidak diketahui apakah smartphone tersebut akan diluncurkan d luar China atau tidak.