Samsung Siapkan versi Baru Galaxy Tab 3 Lite?

KabarTeknologi.com – Bisa dibilang minat konsumen pada tablet di tahun 2016 ini semakin menurun. Tetapi Samsung sepertinya tidak berniat menghentikan produksi tabletnya. Ini terbukti dari beredarnya rumor mengenai keberadaan tablet terbaru dari Samsung yang akan segera meluncur di India. Informasi ini diperkuat dengan munculnya tablet terbaru dari Samsung di Zauba, sebuah situs yang melacak impor ekspor barang di wilayah India.

Tablet tersebut adalah Samsung Galaxy Tab 3 Lite. Tablet dengan model SM-T116IR tersebut diperkirakan sudah masuk 14 unit ke India. Kemungkian besat tablet-tablet tersebut dikirm untuk pengujian dan evaluasi.

Galaxy Tab 3 Lite

Samsung Galaxy Tab 3 Lite dengan model SM-T1116IR sendiri dipercaya hadir dengan beberapa pembaharuan dari model SM-T111 (Wi-Fi dan 3G) dan SM-T1110 (Wi-Fi) yang sudah lebih dulu beredar di pasar global. Galaxy Tab 3 Lite sendiri akan dijual dengan harga sekitar 104 dolar di India. Informasi tersebut juga diketahui dari situs Zauba.

Informasi lain menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Tab 3 Lite telah menyambangi GFXBench. Tablet ini pun terlihat agak berbeda dengan seri SM-T111 dan SM-T1110 dimana kedua model tersebut menggunakan chip Marvell dua-core SoC, sementara model SM-T1116IR mengandalkan chipset Snapdragon 410 quad core untuk menunjang dapur pacunya. Selan itu, Samsung juga menyematkan GPU Adreno dan RAM berkapasitas 1,5 GB. Kapasitas RAM tersebut sedikit lebih besar dari model pertama yang membawa RAM 1 GB.

Sistem operasi Android 4.2 KitKat kini sudah diupgrade menjadi Android 5.1.1 Lollipop. Di sektor kamera, Samsung Galaxy Tab 3 Lite juga mengalami peningkatkan. Kamera utama yang sebelumnya hadir dengan resolusi 2 megapiksel kini ditingkatkan menjadi 5 megapiksel. Sementara untuk sektor display, tablet ini masih membawa layar sentuh TFT capacitive touchscreen yang berukuran 7.0 inci. Layar dengan resolusi 600 x 1024 pixels tersebut juga memiliki kerapatan 170 ppi.

Ruang penyimpanannya masih hadir dengan kapasitas 8 GB. Meski demikian, ROM tersebut masih dapat Anda perluas melalui slot microSD hingga kapasitas 32 GB.

Sayangnya meski beberapa informasi mengenai spesifikasi yang diusung versi terbaru dari Samsung Galaxy Tab 3 Lite ini sudah diketahui, tetapi hingga saat ini masih belum ada bocoran mengenai gambar atau wujud dari tablet tersebut. Tetapi kemungkinan besar Samsung Galaxy Tab 3 Lite akan hadir dengan desain yang mirip dengan generasi pertamanya.