Sebelumnya perusahaan asal Tiongkok ZTE telah sukses menggarap seri Blade X Max, ini nampaknya perusahaan tersebut tidak tinggal diam lama karena kabar terbaru mengatakan bahwa ZTE segera kembali merilis smartphone terbaru buatannya yang diberi nama ZTE Blade X. Smartphone ini ditujukan kepada teman kalangan masyarakat kelas bawah dengan harga satu jutaan per unitnya. Untuk sesi usungan spesifikasi serta fitur nampaknya ZTE Blade X cukup bersaing di kelas bawah tersebut.

Handphone ini mengandalkan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar hingga 267ppi. Sayangnya tidak ditemukan adanya pelindung anti gores untuk permukaan layar sehingga pengguna tentu saja harus membeli pelindung permukaan layar sendiri. Sistem operasi yang dimiliki oleh ZTE Blade X ialah menggunakan sokongan OS Android versi 7.1.1 nougat dengan antar muka user interface tas buatan ZTE.

ZTE Blade X Resmi Hadir Dipasaran

 

Pada sektor dapur pacu ZTE Blade X ditenagai menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 425 yang memiliki daya clockspeed quad-core ARM Cortex-A53 64-bit berkecepatan 1,4GHz. Dipadukan memakai RAM berukuran 2 GB serta kartu grafis Adreno 308 membuat multitasking serta pengoperasian grafis 3D terasa cukup lancar.

Adapun untuk masalah penyimpanan pihak ZTE memberikan sumbangan berupa internal memori dengan kapasitas mencapai 16 GB, selain itu disediakan pula adanya eksternal memori yang mampu untuk memakai daya ekspansi jika kapasitas 128 GB. Tidak disebutkan apakah slot micro SD yang terdapat dalam ponsel ini menggunakan jenis Hybrid atau dedicated.

Menggunakan kamera dengan lensa berkekuatan 13 megapixel yang memiliki dukungan fitur phase-detection autofokus lengkap dengan LED flash serta laser tentunya memberikan kualitas cukup baik untuk mengambil gambar foto. Tak lupa pula ada kamera depan yang dimiliki oleh ZTE Blade X berkekuatan 5 megapixel untuk kebutuhan video chat serta foto selfie.

Adapun konektivitas yang ada dalam ZTE Blade X ialah mempergunakan dukungan Bluetooth, port microUSB, WiFi, GPS, 4G LTE, dan 3G HSPA. Disokong memakai baterai berkapasitas 3000 mAh rasanya cukup mampu menunggangi aksi smartphone buatan negara Tiongkok ini untuk selalu aktif sehari-harinya.

Dengan harga kisaran 1,6 jutaan tentu membuat ZTE Blade X hanya dinanti-nantikan kedatangannya di tanah air khususnya bagi segmen karangan masyarakat kelas bawah. Dari spesifikasi serta fitur cukup, kelemahannya mungkin dari segi pengolah grafis masih memakai adreno 308 serta tidak tersedianya fitur baterai ideologi serta fingerprint sensor.