Indosat Ooredoo Ajak Masyarakat Mengenal Etika dalam Dunia Digital

Di era digital seperti saat ini, masyarakat semakin tidak bisa lepas dari penggunaan internet. Segala informasi—apa pun itu—selalu mereka dapatkan dengan mudah di internet. Lebih dari itu, internet tidak lagi sekadar penyampai informasi, tapi juga berfungsi sebagai media pemasaran produk-produk bisnis, media komunikasi, tempat curhat, tempat membuat pernyataan atau bahkan aksi, dan lain sebagainya.

Nyatanya, perkembangan teknologi komunikasi dan internet telah berhasil mengubah gaya hidup masyarakat. Keberadaan berbagai media sosial yang kian menjamur juga menjadikan pola komunikasi masyarakat modern berubah. Di satu sisi, tentu hal tersebut membawa sisi positif karena mampu mendekatkan komunikasi antara dua orang—atau lebih—yang berjauhan. Komunikasi atau pesan-pesan bisa langsung tersampaikan dengan mudah hanya dalam hitungan detik.

Namun, di sisi lain, pola komunikasi seperti ini juga telah menjadikan manusia-manusia modern semakin terasing dengan dunia nyata di mana mereka berpijak. Ya, saking asyiknya mereka berinteraksi di dunia maya, menjadikan mereka sering kali abai dengan hal-hal nyata di sekitar mereka.

Bahkan, tak jarang sikap ketidakpedulian dan antipati ini juga mereka lakukan di dunia maya. Mengingat dunia ini adalah dunia yang bebas tanpa batasan dan aturan yang nyata. Tak heran jika akhirnya banyak kasus yang berkaitan dengan pencemaran nama baik, penghinaan berbasis SARA, dan masalah-masalah hak asasi manusia lainnya yang bermula dari kicauan pengguna media sosial, atau internet pada umumnya.

Lantas jika demikian, benarkah media sosial dan internet secara umum adalah media komunikasi tanpa etika?

Pada dasarnya, segala hal yang berkaitan dengan hubungan antarmanusia selalu memiliki tata cara yang beradab. Dalam dunia nyata, kita semua tahu bahwa ketika berhubungan dengan orang lain kita harus bersikap ramah, sopan, dan bertutur kata yang jelas dan baik. Hal ini pun seharusnya juga berlaku ketika kita menjalin hubungan dan komunikasi di dunia maya. Kita harus menjaga adab-adab pergaulan dalam semua aktivitas yang kita lakukan. Baik itu ketika berkirim pesan, menulis status atau kicauan, menulis blog, dan bahkan ketika berkomentar.

Indosat Ooredo dan Pendidikan Digital

Sayangnya, masih banyak dari pengguna internet yang belum paham akan pentingnya etika di dunia maya ini. Untuk itulah, di hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei kemarin, salah satu provider seluler Indosat Ooredoo, mengajak para generasi muda untuk bersikap bijak dalam menggunakan internet dan media sosial.

Melalui rangkaian kegiatan bertajuk “Membangun karakter bangsa di era digital”, Indosat mengajak masyarakat untuk belajar memilih dan memilah berbagai informasi yang tersebar secara tumpah ruah di internet. Kegiatan yang mengampanyekan #PENDIDIKANDIGITAL ini juga mengajak masyarakat luas untuk “Berpendapat Bermartabat”. Artinya, kebebasan berpendapat di dunia maya harus tetap berlandaskan adab-adab pergaulan dan menjunjung tinggi asas kebebasan yang bertanggung jawab.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo juga secara rutin mengadakan rangkaian kegiatan pemberdayaan perempuan melalui program INSPERA (Inspirasi Perempuan Indonesia). Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan dari segi pengetahuan, keterampilan, dan ekonomi. Pengenalan tentang teknologi informasi dan cara menggunakan internet dengan baik dan benar juga menjadi materi utama dalam setiap kegiatan ini.

Melalui kegiatan-kegiatan ini, masyarakat juga akan semakin mengenal tentang seluk-beluk Indosat Ooredoo sebagai salah satu provider seluler terbaik di Indonesia. Anda pun bisa menggunakan pulsa Indosat sebagai alternatif pilihan paket internet Anda. Dengan jaringan terluas dan tercepat di Indonesia, dijamin aktivitas internet Anda akan berjalan dengan baik dan lancar.

Pulsa Indosat—IM3 atau mentari—bisa didapatkan dengan mudah melalui konter-konter yang tersedia di sekitar Anda. Atau jika ingin cara yang instan, Anda pun bisa membelinya melalui online. Salah satu situs penyedia jasa online terbaik dan tepercaya di Indonesia adalah Traveloka.com. Kini, melalui situs dan layanan ini, Anda tidak hanya bisa mendapatkan layanan pemesanan tiket dan hotel, tapi juga bisa membeli pulsa Indosat di Traveloka. Selain caranya yang mudah, dijamin harganya pun sangat murah.

Mengapa Harus Santun di Internet?

Hal mendasar yang harus ditekankan di sini adalah internet sebagai media komunikasi dan informasi sejuta umat. Sebuah media yang tidak berbatas waktu dan tempat. Jadi, sebagai pengguna internet, Anda harus paham betul bahwa Anda bukan satu-satunya pengguna. Ada banyak pengguna lain—dengan hak yang sama—yang berbeda latar belakang dengan Anda. Baik itu secara kesukuan/kedaerahan, agama, jenis kelamin, bahkan hingga pandangan politik.

Dan, sebagai bangsa yang lahir dan besar di atas perbedaan, sudah seharusnya kita paham bahwa  toleransi akan keberagaman harus kita junjung tinggi. Kapan pun dan di mana pun. Termasuk juga di internet dan media sosial. Karena hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap rasa kesatuan dan persatuan masyarakat Indonesia.

Berikut beberapa cara beretika dalam dunia digital yang perlu Anda ketahui dan terapkan.

  • Hargai Perbedaan. Jangan pernah menghina, merendahkan atau perilaku negatif lainnya, yang berkaitan dengan agama, suku, status sosial, gender, dan sebagainya.
  • Jangan lupa bahwa semua orang—termasuk Anda—selalu ingin dihargai perasaannya. Jadi, sebisa mungkin perhatikan ucapan atau pesan yang ingin Anda sampaikan, apakah akan menyinggungnya atau tidak.
  • Kendalikan emosi. Jangan pernah mem-posting atau berkomentar apa pun ketika Anda tengah marah atau dalam keadaan emosi yang labil. Dan hindari debat kusir yang mengarah pada situasi emosional.
  • Semua orang pasti membutuhkan privasi, meski itu di dunia maya. Jadi, hargai privasi orang.
  • Hati-hati terhadap informasi yang tidak benar (Hoax). Jadi, sebelum Anda membagikan informasi tersebut, pastikan dulu kebenarannya.
  • Jika ingin mengkritik atau memberi saran pada seseorang, lebih baik Anda menghubungi orang tersebut secara langsung dan pribadi (Personal Message/PM).
  • Pahami tentang kaidah-kaidah bertanya dan berkomentar yang baik. Seperti menggunakan bahasa yang sopan, cara penulisan yang mudah dimengerti, dan tidak menggunakan huruf kapital semua. Serta, jangan pernah mengasumsikan bahwa Anda berhak untuk selalu memperoleh jawaban atau tanggapan.

Nah, itulah beberapa cara beretika dalam dunia maya. Yuk, terapkan mulai dari sekarang, agar hidup di dunia digital lebih menentramkan.

PT Indosat Tbk