Niantic Labs Tanggapi Komentar Negatif Terhadap Update Pokémon GO

Beberapa waktu lalu Niantic Labs telah merilis major update pertama untuk Pokémon GO. Lewat major update tersebut, Niantic Labs pun membawa sejumlah content baru, beberapa perbaikan, dan penyesuaian damage untuk beberapa jenis Pokemon.

Akan tetapi, major update yang sudah lama dinanti oleh para trainer pokemon ini justru mendapat banyak kecaman dan komentar negatif karena banyaknya hal yang begitu mengecewakan para trainer.  Beberapa diantaranya adalah dihilangkannya fitur 3-step tracking dan dukungan terhadap aplikasi third-party yang mampu melacak lokasi Pokemon.

Niantic Labs Tanggapi Komentar Negatif Terhadap Update Pokémon GO

Banyaknya komentar negatif yang dilontarkan oleh para trainer pokemon membuat Niantic Labs langsung angkat bicara dan memberikan keterangan melalui halaman facebook resmi Pokemon Go. Mereka pun mengungkapkan bahwa fitur 3-step tracking yang didesain untuk memberikan indikasi mengenai seberapa dekat pokemon liar yang berada di sekitar trainer pokemon memang harus dihapus untuk memperbaiki desain yang mendasar dari pokemon GO.

Niantic Labs  sendiri mengakui bahwa fitur 3-step tracking merupakan fitur yang banyak diminati oleh para trainer pokemon. Namun sayangnya fitur ini terbilang membingunkan dan tidak sesuai dengan gameplay Pokemon GO.

Meski demikian, Niantic Labs  tampaknya tidak benar-benar berniat menghapus fitur tersebut sepenuhnya, mengingat mereka juga mengatakan bahwa mereka siap memberikan informasi terbaru setelah mereka melakukan perubahan pada fitur tersebut.

Selain menghilangkan fitur 3-step tracking, major update kali ini juga memiliki pengaruh besar pada akses Pokemon Go API sehingga membuat beragam  layanan third-party yang dapat membantu trainer dalam melacak lokasi pokemon juga tidak lagi berfungsi. Pemblokiran  layanan-layanan tesebut pun membuat banyak trainer pokemon memberikan komentar negatif pada update kali ini.

Menanggapi komentar negatif dari para trainer pokemon terkait pemblokiran layanan tersebut, Niantic Labs menjelaskan bahwa mereka memang membatasi akses untuk layanan third-party. Ini karena layanan-layanan tersebut mengganggu kinerja mereka dalam memberikan layanan terbaik pada para pemain Pokemon Go. Layanan tersebut juga menghambat upaya mereka auntuk menghadirkan Pokemon GO diberbagai Negara di seluruh dunia.

Sementara itu berbicara mengenai peluncuran Pokemon GO di seluruh dunia, Niantic Labs mengatakan bahwa mereka ssaat ini bekerja dengan keras supaya dapat melakukan hal tersebut.

Niantic Labs sendiri mengakui bahwa mereka memang jarang memberikan informasi terbaru mengenai Pokemon Go. Hal ini karena mereka memang tengah fokus untuk mengembangkan game tersebut.