Instagram Siap Hadirkan Fitur Moderasi Komentar

Di tahun 2016 ini, popularitas Instagram bisa dibilang terus meningkat. Bahkan pada tanggal 21 Juni 2016 lalu, platform berbagi foto yang saat ini telah dimiliki oleh Facebook tersebut pun mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif bulanan (MAU)-nya berhasil mencapai angka 500 juta dengan lebih dari 200 juta pengguna diantaranya menggunakan aplikasi tersebut setiap hari.

Namun dengan popularitas yang terus meningkat dan jumlah pengguna yang semakin banyak, mereka juga harus berhadapan dengan beragam masalah yang cukup besar. Salah satunya adalah banyaknya komentar yang berpotensi mengganggu pengguna lain. Ini memang bukan masalah baru mengingat para pengguna sosial media lain seperti Facebook atau Twitter juga kerap kali melakukan hal yang sama. Akan tetapi, Instagram tetap harus mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Fitur Moderasi Komentar

Lantas apa yang akan dilakukan Instagram? Informasi terbaru menyebutkan bahwa saat ini tim Instagram bersiap menghadirkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memoderasi komentar. Informasi ini pun langsung diungkapkan oleh Nicky Jackson Colaco yang saat ini menjabat sebagai Head of Public Policy Instagram.

Selain mengungkapkan informasi mengenai fitur baru tersebut, Nicky Jackson Colaco juga mengatakan bahwa dengan hadirnya fitur memoderasi komentar ini, Instagram akan menjadi tempat yang aman, menyenangkan dan bersahabat untuk para penggunanya sehingga mereka dapat mengekspresikan diri secara bebas tanpa perlu khawatir komentar miring dari pengguna lain.

Dengan fitur moderasi komentar, para pengguna Instagram nantinya dapat memilih untuk menyembunyikan kata-kata tertentu sehingga mereka tidak akan melihat kata-kata tersebut di kolom komentar. Segera setelah mereka menentukan kata-kata yang tidak ingin mereka lihat, Instagram akan langsung menyembunyikan komentar yang mengandung kata-kata yang telah mereka pilih secara otomatis.

Selain menyembunyikan kata-kata tertentu, fitur moderasi komentar juga memungkinkan Anda untuk menyembunyikan komentar yang tidak mereka sukai. Atau jika Anda merasa terganggu dengan banyaknya komentar bernada miring, Anda dapat menonaktifkan fitur komentar pada akun Instagram yang Anda miliki.

Nicky sendiri mengungkapkan bahwa fitur ini akan dapat digunakan oleh semua pengguna instagram dalam beberapa bulan kedepan. Namun sebelum dirilis secara resmi, fitur moderasi komentar ini hanya akan dapat dinikmati oleh selebriti dan pengguna instagram dengan jumlah pengikut yang cukup besar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengujian untuk fitur moderasi komentar sebelum fitur tersebut dirilis ke publik.