Tips Mudah Atasi Gagal Download dan Update Aplikasi di App Store

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan para pengguna perangkat iOS adalah terkadang mereka kesulitan untuk mengunduh aplikasi baru atau melakukan update aplikasi dan game di App Store.

Ternyata masalah ini bukan hanya masalah koneksi internet yang kurang stabil saja karena beberapa pengguna juga telah mencoba mengunduh aplikasi di App Store dengan menggunakan jaringan internet lain. Namun masalah gagal update atau sulit mengunduh aplikasi di App Store masih tetap terjadi.

Tips Mudah Atasi Gagal Download dan Update Aplikasi di App Store

Jika Anda mengalami masalah tersebut, maka Anda bisa mengikuti beberpa cara yang kami bahas di bawah ini.

Cek status Server Apple

Sebelum melakukan hal-hal lain, Anda perlu mengecek status server Apple. Tentunya apapun cara yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia jika memang Anda mengunduh aplikasi atau melakuan update pada saat server Apple sedang down.

Anda dapat mengecek status server Apple melalui apple.com. Jika Anda menemukan tanda kuning atau merah, maka itu berarti server sedang mengalami gangguan.

Logout dan login Kembali

Saat server normal namun Anda masih tetap kesulitan untuk melakukan update atau mengunduh aplikasi, maka cobalah untuk logout dan login kembali setelah beberapa menit.

Anda pun dapat melakukan hal ini dengan cara masuk ke menu Featured di App Store. Setelah itu scroll ke bawah.  Tekan nama akun Anda dan pilih logout.

Refresh App Store

Untuk melakukan refresh pada App Store, Anda bisa membuka App Store dan menekan salah satu tab yang terdapat di bawah secara berulang-ulang sebanyak 10 kali.

Jika Anda berhasil melakukan refresh, maka tampilan pada App Store akan berwarna putih. Setelah  blank sesaat, App Store akan kembali menampilkan beragam ikon game dan aplikasi.

Force Restart

Cara yang satu ini terbilang cukup efektif dalam mengatasi gagal update. Selain itu, Force Restart dapat diandalkan saat perangakat iOS tidak berjalan normal.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menekan dan menahan jari Anda pada Power Button dan Home Button hingga kurang lebih selama 10 detik. Nantinya layar akan mati dan muncul logo Apple. Setelah intu Anda dapat melepas jari dan menunggu hingga proses booting selesai.

Reset All Settings

jIka cara-cara di atas tidak berhasil, maka cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengatur  ulang perangkat iOS yang Anda miliki ke mode awal. Caranya, buka menu setting dan klik general. Setelah itu pilih reset dan Reset All Settings.