Samsung Galaxy Tab S3 Akan Diperkenalkan 1 September 2016?

Saat ini Samsung dikabarkan akan memperkenalkan tablet terbarunya pada awal bulan September 2016 mendatang. Tablet tersebut adalah Samsung Galaxy Tab S3 yang merupakan penerus dari tablet Samsung Galaxy Tab S2 yang diluncurkan tahun lalu.

Informasi mengenai tablet ini sebenarnya bukan berasal dari pihak Samsung, namun dibocorkan oleh seorang jurnalis asal Rusia, yakni Eldar Murtazin. Meski demikian, Eldar Murtazin sendiri memiliki track rekor yang cukup baik dalam memberikan informasi terkait produk-produk terbaru.

Samsung Galaxy Tab S3

Selain Samsung Galaxy Tab S3, Samsung juga dikabarkan akan meluncurkan smartwatch Gear S3 di hari yang sama. Sementara di bulan Agustus 2016 nanti, perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini akan menghadirkan Samsung Galaxy Note7.

Samsung Galaxy Tab S3 sendiri dikabarkan akan menggunakan layar berteknologi Super AMOLED yang berukuran 8 inci. Layar dengan aspek rasio 4:3 ini pun hadir dengan resolusi yang cukup besar, yakni 2048 x 1536 piksel. Kerapatan piksel dan lapisan pelindung yang akan digunakan layar tersebut masih belum diketahui. Namun kabarnya selain varian dengan layar 8 inci, Samsung juga akan menghadirkan varian lain yang membawa layar berukuran 9,7 inci.

Tablet besutan Samsung ini pun akan menjalankan OS Android 6.0.1 Marshmallow yang tentunya akan dibalut antarmuka TouchWiz UI. Kinerjanya sendiri terbilang lebih baik jika dibandingkan dengan seri pendahulunya yang dirilis di tahun 2015 lalu. Untuk urusan dapur pacu, Samsung Galaxy Tab S3 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 652 yang mendapat bantuan tenaga dari prosesor octa-core (quad-core ARM Cortex-A53 berkecepatan 1,2GHz + quad-core ARM Cortex-A72 berkecepatan 1,8GHz). Tentu saja kinerja dari chipset tersebut juga telah diperkuat dengan pengolah grafis Adreno 510 dan RAM sebesar 3GB.

Lantas bagaimana dengan sektor kamera? Di sektor tersebut, tampaknya tablet yang ditenagai baterai berkapasitas 4000mAh ini memiliki spesifikasi yang terbilang standar. Ini terlihat dari kamera utama yang beresolusi 8 megapiksel dan kamera depan beresolusi 2 megapiksel. Kamera utamanya sendiri telah dibekali dengan kemampuan autofocus. Sayangnya, tidak ada fitur LED flash yang akan sangat membantu Anda saat memotret objek di tempat yang redup.

Dua varian Samsung Galaxy Tab S3 yang akan dihadirkan Samsung tidak hanya memiliki perbedaan di sektor layar, tetapi juga di sektor memori. Varian pertama dikabarkan akan membawa ROM dengan kapasitas 32GB. Sementara varian lain memiliki ROM yang berukuran dua kali lebih besar dari varian pertama, yakni 64GB. Tentu saja Samsung juga sudah menyematkan slot microSD untuk ekspansi memori pada kedua varian tersebut.