Pantau Kualitas Tidur Anda dengan 4 Aplikasi Berikut

Tidur yang cukup diperlukan untuk memulihkan kelelahan yang Anda alami setelah melakukan beragam aktivitas selama seharian penuh. Selain itu, dengan tidur yang cukup dan berkualitas, Anda juga dapat mencegah masalah-masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Oleh sebab itu, Ada baiknya Anda menggunakan salah satu dari 5 aplikasi di bawah ini untuk membantu memantau kualitas tidur Anda.

Aplikasi Pemantau Kualitas TIdur

Sleep Tracker

Jika Anda merasa sulit tidur, maka Anda bisa memanfaatkan fitur Soundscapes pada Sleep Tracker yang berisi suara-suara alam seperti suara angin, suara badai dan suara air. Suara-suara yang Anda dengankan pun akan berhenti saat Anda tidur.

Selain fitur Soundscapes, Sleep Tracker juga memiliki fitur Notes yang sangat berguna untuk merekam berbagai macam hal yang mengganggu tidur Anda. Sementara itu fitur terakhir yang dimiliki Sleep Tracker adalah Smart Alarm. Fitur ini dapat disesuaikan dengan siklus tidur Anda sehingga dapat membantu Anda bangun dengan lebih mudah.

Sleep Rate: Total Sleep Therapy

Sleep Rate: Total Sleep Therapy menggunakan pendekatan yang  dikemas dalam bentuk pertanyaan untuk mengetahui kualitas tidur Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibagi dalam beberapa tahap.

Di tahap pertama, Sleep Rate: Total Sleep Therapy akan menanyakan hal-hal seputar tidur seperti apakah Anda sering bangun di tengah malam atau tidak? Sulit bangun atau tidak? dan pertanyaan-pertanyaan sejenis. Sementara di tahap dua, apkikasi ini akan menanyakan pertanyaan seputar aktivitas yang telah Anda lakukan selama seharian.

Sleep Better with Runtastic

Selain memiliki fitur yang biasa hadir pada aplikasi-aplikasi pengolah jam tidur, Sleep Better with Runtastic juga dilengkapi dengan fitur pelacak aktivitas sehari-hari para penggunanya. Fitur tersebut dapat melacak beragam aktivitas yang mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Versi berbayar dari Sleep Better with Runtastic yang dijual dengan harga Rp 19 ribuan ini memiliki beberapa fitur eksklusif yang tidak dimiliki versi gratisnya. selain itu, dengan membeli versi premium tersebut, Anda juga akan terbebas dari iklan.

Sleep as Android

Sleep as Android memiliki  beragam fitur yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, seperti musik pengantar tidur, notifikasi waktu tidur, Sleep Tracking dan lain-lain.

Namun untuk menggunakan fitur Sleep Tracking, Anda perlu membayar sebesar Rp 19 ribuan. Tentu saja versi premium dari aplikasi ini juga menyediakan fitur lain seperti Backup Data dan tambahan nada-nada alarm yang lebih banyak.