Pemerintah Akan Blokir Pokemon Go! Ini Alasannya

Kabarteknologi – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) membuat pernyataan yang cukup mengejutkan. Aplikasi game yang sedang hangat dibicaraakan dan dimainkan oleh masyaraakat yakno Pokemon Go, dikabarkan akna dibelokir melalui Komkominfo. Namun pembelokiran ini bukan asal – asalan saja atau tanpa ada pertimbangan. Namun karena Pokemon Go dianggap membahayakan ketika digunakan di jalan raya.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, salah satu dampak negatif dari Pokemon Go yakni banyaknya masyarakat atau pengguna yang memainkannya saat berkendaraan. Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar ”boleh – boleh saja para pecinta Pokemon Go bermain di pubelik, tapi keselamatan diri juga perlu diperhatikan”.

Kominfo

Boy juga menghimbau masyarakat untuk berhati – hati saat mengoperasikan permainan tersebut. Karena permainan virtual ini mewajibkan pengguna keluar ruangan, terutama ketika berkendaraan sebaiknya tidak dimainkan karena bisa menyebabkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Boy mengingatkan, para pemain Pokemon Go untuk bermain sesuai tempat dan waktu. Karena jika terjadi sesuatu di jalan raya pada akhirnya tidak hanya merugikan diri sendiri namun orang lain juga kena imbasnya. Boy menegaskan, tidak ingin kasus – kasus di luar negeri seperti menabarak, bahkan ada perampokan tidak terjadi juga di Indonesia. Maka, oleh karena itu peran masyarkat untuk mewas diri sangatlah penting. Namun, jika permainan ini benar – benar membahayakan maka bisa saja pemerintah akan mebelokirnya.

Humas Kemkominfo, Ismail Cawidu juga mengaku pihaknya punya standar untuk memblokir suatu aplikasi. Menurutnya, jika aplikasi melanggar peraturan serta hal yang merugikan masyarakat terjadi, maka akan dilakukan pemblokiran. Kemudian, Ismail juga mengaku akan mengikuti apakah adanya laporan dari masyarakat terkait masalah dari Pokemon Go ini.