5 Alasan Pemindai Sidik Jari Tidak 100% BAIK Untuk Keamanan Smartphone

Kabarteknologi – Fitur pemindai sidik jari kini bukanlah sistem keamanan yang baru pada smartphone. Hampir semua smartphone terbaru saat ini sudah dibekali oleh fitur ini guna meningkatkan sisitem keamanan. Namun apakah fitur pemindai sidik jari ini 100% menjadi sisitem keamanan yang baik, seperti yang dikelaim oleh beberapa vendor sebagia sisitem kemanan smartphone terbaik saat ini ?

Namun hal itu tidaklah benar, karena ada bocoran dari beberapa sumber yang menyebutkan fitur pemandai sidik jari bukanlah sistem keamanan terbaik untuk smartphone. Lantas apakah alasan dari pernyataan tersebut ? Mari Kita simak ini beberapa alsan yang sudah Kami rangkumkan untuk Anda.

Fitur Pemindai Sidik Jari

1. Sesuai namanya, pemindai sidik jari, seperti yang kita telah ketahui sidik jari adalah alat untuk masuk ke smartphone. Perlu di ingat, kalian dapat meninggalkan sidik jari pada berbagai obejek, seerti layar smartphone, gelas minuman, dan berbagai benda lainnya dengan permukaan halus. Sehingga dengan begitu sidik jari kalian dengan mudah dipindai oleh ormenggunakan kamera beresolusi yang kini sudah banyak digunakan smartphone canggih saat ini.

2. Seperti yang telah disampaikan diatas, pemaindai sidik jari dapat digandakan, yang hanya membutuhkan foto sodik jari beresolusi tinggi dan printer yang dapat mencetak foto dengan hasil yang beresolusi tinggi pula. Ada pula beberapa sensor berkualiatas tinggi yang dapat memindai objek melalui suhu panas atau ketukan. Jadi, dengan pola sidik jari yang diletakkan pada bahan kulit, maka kalian sudah bisa menembus sebuah sistem pemindai sidik jari.

3. Sangat mudah untuk memaksa seseorang untuk meng-unlock smartphone miliknya dengan meletakkan jarinya pada pemindai sidik jari. Hal ini sangat mudah Kita lakukan terlebih ketika orang tersebut sedangk tidur atau lengah.

4. Beberapa produsen tidak mengetahui cara membekali sistem pemindai sidik jari dengan sebaik mungkin pada smartphone produk mereka. Mereka hanya meletakkannya hanya untuk menarik perhatian konsumen saja. Salah satu contohnya adalah HTC One Max, pemindai sidik jari pada smartphone ini tidak nyaman dan sulit digunakan.

5. Dan alasan yang terakhir. Sitem pemindai sidik jari pada smartphone kadang berfungsi kadang tidak. Ada laporan yang mengatakan bahwa pemindai sidik jari pada iPhone 5s tidak selalu berfungsi. Perlu diketahui, ada beberapa hal yang mempengaruhi kerja pemindai sidik jari, seperti kelembapan tangan, software, dan kaca pada permukaan pemindai sidik jari tersebut. Jadi, sebaiknya kalian tidak terlalu tergila – gila untuk memiliki smartphone yang sudah suport keamanan pemindai sidik jari. Karena fitur ini tidak sehebat yang kalian pikir.