Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Smartwatch

kabarteknologi.com – Membersihkan smartwatch adalah hal yang terbilang cukup mudah. Namun tetap saja, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan hal tersebut agar dapat menghindari hal yang tidak Anda inginkan.

Jika Anda tidak tahu cara yang tepat untuk membersihkan smartwatch yang Anda miliki, maka Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut. Dengan begitu, Anda dapat membersihkan smartwatch secara lebih mudah dan efisien.

Membersihkan Smartwatch

Layar

Untuk layar, Anda dapat menggunakan lap yang berbahan microfiber. Lap tersebut biasanya digunakan untuk membersihkan kacamata atau kamera. Jangan lupa untuk mengelap layar dengan satu arah. Setelah itu diamkan sebentar.

Ada beberapa hal yang perlu Anda hindari saat membersihkan layar. Seperti tidak menggunakan cairan pembersih atau tisu saat membersihkan layar. Cairan pembersih dapat merusak layar sementara tisu berpotensi meninggalkan goresan pada layar Smartwatch. Selain itu, pastikan Anda membersihkan lap secara berkala.

Strap

Cara membersihkan strap harus disesuaikan dengan bahan strap tersebut. Ini karena setiap bahan memerlukan cara membersihkan yang berbeda. Selain itu, sebelum dibersihkan, ada baiknya Anda melepas strap dari badan smartwatch terlebih dahulu.

Untuk strap jenis kulit, Anda perlu menggunakan cairan pembersih khusus kulit supaya strap tidak rusak. Jika Anda tidak yakin dengan bahan yang akan Anda gunakan, maka cobalah teteskan terlebih dahulu ke strap tersebut. Jika tidak terjadi perubahan tekstur atau warna, maka Anda bisa membersihkan strap dengan bahan tersebut.

Untuk strap jenis karet, Anda dapat menggunakan air dan sedikit sabun. Caranya isi mangkuk dengan air dan tambahkan setetes sabun. Setelah itu bersihkan strap dengan cepat dan seksama. Lap dengan dengan kain yang lembut dan angin-anginkan hingga kering.

Untuk bahan metal, Anda juga dapat menggunakan air dan sedikit sabun. Caranya, basahi strap dengan air yang sudah dicampur sedikit sabun dan sikat strap dengan menggunakan sikat gigi. Setelah itu, lap dan keringkan.

Konektor

Selain layar dan strap, bagian lain dari smartwatch yang perlu Anda bersihkan adalah konektor. Bagian tersebut biasanya digunakan untuk pengisian ulang daya baterai. Konektor sendiri kemungkinan besar akan terkena keringat atau debu jika smartwatch sering digunakan. Hal ini dapat menghambat proses charging ataupun transfer file.

Untuk membersihkan konektor, Anda dapat menggunakan cotton bud yang sudah dicelupkan pada alkohol. Bersihkan konektor hingga tidak terlihat adanya bercak noda.