Inilah Smartphone Termurah di India, Hanya Rp 53 Ribuan

kabarteknologi.com – Di bulan Februari lalu ada rumor yang menyebutkan mengenai sebuah smartphone yang dijual dengan harga yang sangat murah. Smartphone tersebut kabarnya akan diluncurkan di kawasan pedesaan India dan dibanderol dengan harga USD4 atau sekitar Rp 53 ribuan. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding smartphone entry level paling murah sekalipun.

Mengingat harganya yang sangat murah, tidak heran jika ada yang menyebutkan kehadirkan smartphone tersebut merupakan sebuah usaha penipuan. Namun sepertinya kabar mengenai keberadaan smartphone ini memang benar. Kabar terakhir menyebutkan bahwa smartphone tersebut akan dijual di India, sesuai dengan rumor yang telah beredar sebelumnya.

Freedom 251

Kabarnya smartphone ini akan hadir dengan nama Freedom 251 dan akan dikirimkan pada para pengguna mulai 30 Juni 2016 mendatang.

Freedom 251 sendiri merupakan smartphone yang telah dikembangkan oleh Ringing Bell. Perusahaan asal India tersebut memang tidak menyematkan spesifikasi yang wah pada smartphone 251. Namun hal ini terbilang cukup wajar mengingat harganya saja tidak sampai Rp 100 ribuan.

Smartphone Freedom 251 ini kabarnya akan membawa layar sentuh yang berukuran 4 inci. Untuk urusan dapur pacunya, smartphone 251 ini mengandalkan prosesor quad-core 1,3GHz yang disandingkan dengan RAM berkapasitas 1GB. Ruang penyimpananya sendiri hanya 8GB.

Namun untuk urusan kamera, smartphone ini bisa dibilang agak sedikit lumayan. Dibagian belakangnya terdapat kamera beresolusi 8 megapiksel dan dibagian depannya hadir kamera beresolusi 3,2 megapiksel.

Freedom 251 memang terbilang sangat menarik karena harganya yang sangat rendah. Bahkan saat peluncurannya, smartphone ini pun mampu menarik perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah India Cellular Association yang meminta kepada Menteri Telekomunikasi India untuk mencari tahu bagaimana cara Ringing Bell dapat melakukan hal tersebut.

Sementara itu Mohit Goel selaku CEO Ringing Bells mengatakan kepada The Indian Express bahwa pihaknya telah belajar dari kesalahan yang telah mereka lakukan. Mereka pun kini memutuskan untuk tetap diam hingga siap untuk menjual produk mereka.

Selain itu Mohit Goel juga mengatakan bahwa harga USD4 yang ditawarkan untuk Freedom 251 membuat smartphone tersebut tidak akan mendatangkan keuntungan pada Ringing Bell. Bahkan, perusahaan ini menderita kerugian sebesar INR151 atau Rp 30 ribu per smartphonenya.

Meski demikian, Mohit Goel mengungkapkan bahwa dia merasa bahagia karena mimpinya untuk menghubungkan masyarakat pedesaan India yang merupakan bagian dari progam ‘Make in India’ dan ‘Digital India’ kini sudah direalisasikan dengan hadirnya Freedom 251.

hooq time komedi