Netflix Siap Hadirkan Fitur Download Video?

kabarteknologi.com – Di bulan April lalu, layanan streaming film dan serial TV Netflix mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan 4,5 juta pengguna baru. Ini berkat ekspansi yang telah mereka lakukan di lebih dari 120 negara di dunia.

Namun seperti yang telah diberitakan sebelumnya, di tanah air sendiri layanan streaming film dan serial TV ini menemui banyak hambatan. Penyedia layanan internet terbesar di Indonesia, Telkom telah memblokir mereka. Sementara itu di sisi lain, kini mereka juga harus berhadapan secara langsung dengan para pesaing baru seperti iFlix dan HOOQ.

Fitur Download Video

Sebenarnya untuk urusan konten dan pelayanan, Netflix bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan iFlix dan HOOQ, namun konten film dan TV yang dihadirkan oleh Netflix jauh lebih banyak dibanding kedua pesaingnya tersebut. Hanya saja HOOQ dan iFlix memiliki fitur yang tidak dimiiki Netflix, yakni fitur download video. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dan menonton video tersebut dilain waktu saat mereka tidak terhubung ke internet. Tentu saja fitur ini sangat berguna bagi para pelanggan di negara-negara dengan akses internet terbatas seperti di Indonesia.

Meski demikian, Netflix sepertinya akan segera mangatasi hal ini. Bahkan menurut Daniel Taitz yang saat ini menjabat sebagai COO perusahaan teknologi video yang bernama Penthera, penyedia layanan streaming film dan serial TV tersebut akan meluncurkan fitur download video dalam waktu dekat ini. Daniel Taitz juga mengatakan bahwa kemunginan besar layanan tersebut akan diluncurkan di akhir tahun 2016 ini.

Pernyataan Daniel Taitz juga diamini oleh Dan Rayburn yang merupakan salah seorang analis dari Frost & Sullivan. Dirinya menyebutkan bahwa fitur download video merupakan fitur yang cepat atau lambat akan dihadirkan Netflix. Bahkan dia juga mengatakan bahwa hal tersebut telah didengarnya selama berbulan-bulan.

Sementara itu di bulan Desember 2014 lalu, Reed Hastings yang merupakan CEO Netflix pernah mengatakn bahwa dirinya tidak akan menyediakan fitur download video. Meski demikian di bulan April 2016 lalu, Reed terlihat sedikit melunak dan mengatakan bahwa dia kini lebih terbuka terhadap pilihan untk menyediakan fitur tersebut di Netflix.

Dengan demikian, pernyataan Daniel Taitz yang menyebutkan bahwa Netflix akan menyediakan fitur download video dalam waktu dekat sepertinya akan menjadi kenyataan dan pelanggan di negara seperti Indonesia pun akan sangat diuntugkan dengan adanya fitur tersebut.