Bug Google Chorme Mudahkan Pengguna Download Film Berbayar

KabarTenologi – Sejak dulu hingga saat ini dunia perfilman masih kesulitan untuk melawan pembajakan. Pasalnya, setiap tahunnya semakin bertambah stus streaming yang menyediakan konten – konten ilegal. Hal ini tentu sangat merugikan banyak pihak.

Sangat disayangkan jiga, baru – baru ini ditemukan bug baru dalam aplikasi Google Crome yang memberikan kemudahan untuk mengunduh film dari situs streaming berbayar. Dengan adanya celah keamanan ini, pengguna internet yang berlangganan dengan situs streaming berbayar seperti Netflix, bbisa menyimpan film secara langsung ke komputer milik mereka.

Bug Google Chrome

Bug Google Chrome ini sediri ditemukan oleh dua peneliti keamanan cyber Davit Livshits dan Alexandra Mikityuk. Dalam penetiannya, mereka berdua memamfaatkan teknologi widevide EME/CDM yang digunakan oleh Google Chrome untuk melakukan enkripsi video streaming dari provider konten.

Kedua peneliti ini sebetulnya sudah melaporkan keberadaan bug Google Chrome ini pada tanggal 24 Mei lalu. Namun, keberadaan bug ini belum diatasi oleh pihak Google yang hingga kini masih ditemukan. Padahal celah keamanan ini sebenarnya cukup sederhana dan seharusnya Google bisa segera menghadirkan pacth baru untuk mengankal celah keamanan terbut. Uajar Davit Livshits dan Alexandra Mikityuk.

Lebih lanjut mereka mengatakan, kalau permasalahan yang dihadapi Chrome sebenarnya bersumber pada open source Chromium yang merupakan basis dari Google Chrome. Dan sebagai produk softwere resmi, seharusnya Google sudah menyediakan sistem untuk mengatasi bug Google Chrome tersebut. Firefoxe hingga Opera yang juga menggunakan teknologi Widevine, namun belum ada laporan bahwa pesaing browser pesaing Crome tersebut terkena bug keamanan yang sama.

Sebelumnya, tepatnya pada akhir Mei lalu Google telah meliris Chrome versi terbaru yakni 51 untuk Windows dan Mac yang dikabarkan hadir dengan sejumlah perbaikan keamanan dan fitur untuk hemat dataa. Google juga telah meghadirkan tampilan yang lebih halus dan jernih sehingga hemat daya. Dalam browser versi terbaru Chrome ini, Google memudahkan pengguna untuk berpindah perangkat dari versi moile ke dektop atau sebaliknya.

Kita berharap semoga bug Google Chrome ini segera diatasi sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.