Sony Rilis Xperia XA di India, Harga Rp 4 jutaan

kabarteknologi.com – Sony sebelumnya telah memberikan konfirmasi bahwa Xperia XA akan diluncurkan di minggu ketiga di bulan Juni 2016. Perusahaan ini sepertinya telah menepati Janjinya karena Sony Xperia XA kini telah meluncur di India. Para konsumen pun kini dapat memesan smartphone tersebut baik melalui retail offline ataupun situs amazon.

Di India, smartphone Sony Xperia XA ini dijual dengan harga $309 atau Rp 4 jutaan. Tersedia beberapa varian warna yang dapat Anda pilih seperti Rose Gold, Lime Gold White dan Graphite Black. Untuk urusan spesifikasi, bisa dibilang smartphone terbaru dari Sony ini mampu menawarkan spesifikasi yang menarik dan performa yang bertenaga.

Sony Xperia XA

Sony Xperia XA sendiri mengusung body berdimensi 143.6 x 66.8 x 7.9 mm dengan berat 137.4 gram. Di sektor displaynya, smartphone terbaru dari Sony ini membawa layar tipe IPS LCD yang berukuran 5,0 inci. Layar yang sudah dilapisi Scratch-resistant glass tersebut pun hadir dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Selain itu, layar dengan rasio screen-to-body 71.8% ini juga sudah mendukung Multitouch hingga 4 jari dan memiliki kerapatan piksel mencapai 294 ppi.

Smartphone Sony Xperia XA ini dikabarkan akan menjalankan OS Android v6.0.1 (Marshmallow). Untuk urusan dapur pacunya, Sony menyematkan chipset Mediatek Helio P10 yang sudah diperkuat GPU Mali-T860MP2 dan prosesor Octa-core ortex-A53 yang berkecepatan 2.0 GHz. Chipset besutan Mediatek ini juga disandingkan dengan RAM sebesar 2GB.

Untuk urusan kamera, smartphone besutan Sony ini membawa kamera utama beresolusi 13 megapiksel yang menggunakan sensor berukuran 1/3″. Kamera yang mampu merekam video 1080p@30fps ini juga sudah dilengkapi dengan LED flash dan phase detection autofocus. Untuk para pecinta selfie, Anda dapat mengandalkan kamera depan 8 megapiksel yang menggunakan sensor berukuran 1/4″.

Ruang penyimpanan yang dimiliki Sony Xperia XA terbilang standar. ROM tersebut hadir dengan kapasitas 16GB. Namun Sony juga telah menyiapkan slot microSD yang memungkinkan ekspansi hingga 256GB. Lalu bagaimana dengan konektivitasnya? Di sektor tersebut, Sony telah membekali smartphone Xperia XA ini dengan fitur-fitur seperti Bluetooth v4.1, GPS, NFC, FM radio dan USB microUSB v2.0.

Sony Xperia XA ini ditenagai dengan baterai Non-removable Li-Ion 2300 mAh. Baterai yang diusung smartphone tersebut mampu bertahan hingga 603 jam dalam kondisi Stand-by dan 10 jam dalam penggunaan normal. Jika digunakan untuk memutar musik, smartphone ini bisa bertahan hingga 55 jam.