Inilah 3 Layanan Streaming Musik Terpopuler di Indonesia

kabarteknologi.com – Sejak dirilisnya Apple Music, bisa dibilang ranah streaming musik terlihat ramai kembali. Di Indonesia sendiri ada banyak konsumen yang memanfaatkan layanan streaming musik untuk mendengarkan lagu-lagu favorit mereka.

Jika Anda tertarik untuk melakukan hal tersebut, Anda pun dapat menggunakan salah satu dari tiga layanan streaming musik yang kami tampilkan berikut ini. Ketiga layanan tersebut merupakan layanan streaming musik terpopuler di Indonesia.

Layanan Streaming Musik Terpopuler

Spotify

Spotify memiliki koleksi musik yang terbilang luas. Koleksi musiknya bahkan terus diperbaharui setiap minggunya. Selain itu, layanan streaming musik populer ini juga memiliki banyak playlist yang dibuat baik oleh media, musikus, label rekaman maupun pengguna biasa. Jika Anda bosan mendengarkan musik yang itu-itu saja, Anda bisa mem-follow beberapa pembuat playlist yang Anda sukai.

Spotify juga menyediakan playlist Discover Weekly yang akan terus diperbaharui dengan menambahkan 30 lagu baru setiap hari senin. Lagu-lagu yang ditambahkan pun disesuaikan dengan selera musik Anda.

Di Indonesia, Anda bisa berlangganan layanan ini dengan beberapa opsi pembayaran seperti via transfer bank, ATM, DOKU Wallet, Mandiri Clickpay ataupun bayar tunai di Alfamart. Selain itu, ada beberapa skema berlangganan yang ditawarkan oleh Spotify, yaitu Rp 49.990 per bulan, Rp 149.970 per tiga bulan, Rp 299.940 per enam bulan dan Rp 599.880 per tahun.

Apple Music

Meski saat pertama kali dirilis pada tahun 2015 lalu layanan streaming musik ini memiliki sejumlah bug yang cukup mengganggu, namun hanya dalam waktu enam bulan saja, Apple Music berhasil mengaet 10 juta pengguna berbayar. jauh lebih cepat dibanding Spotify yang membutuhkan waktu hampir enam tahun untuk mendapatkan jumlah tersebut.

Apple Music memiliki koleksi musik yang terbilang variatif. Selain lagu-lagu terbaru, Anda juga dapat mendengarkan Playlist yang menyajikan album-album lama dari band atau musikus tertentu. Selain itu, pada bagian For You, Apple Music akan memberikan Anda rekomendasi album ataupun playlist yang kemungkinan besar Anda sukai. Ini karena Apple Music mampu mengenali selera musik para penggunanya.

Anda dapat berlangganan Apple Music dengan harga Rp 69 ribu per bulan. Selain itu, tersedia paket Family Sharing yang ditawarkan dengan harga Rp 109 ribu.

Joox

Layanan streaming yang hadir di Indonesia pada bulan Oktober 2015 ini memiliki jutaan lagu yang dapat Anda nikmati. Lagu-lagu yang terdapat pada Joox pun terus diupgarde secara berkala.

Selain memiliki empat pilihan kualitas audio yang dapat Anda sesuaikan dengan kecepatan konektsi internet Anda, Joox juga memiliki banyak fitur menarik seperti Offline Play yang memungkinan Anda mendengarkan musik tanpa terhubung ke internet dan fitur Timer yang dapat mematikan aplikasi secara otomatis.

Jika Anda meyukai konten musik local, Anda dapat mendengarkan lagu dari musisi dalam negeri pada fitur Local Flavor. Anda pun dapat memantau riilisan terbaru melalui bagian New Releases.

Untuk berlanganan layanan streaming musik ini, Anda hanya perlu membawar Rp 49 ribu per bulan.