Instagram Berhasil Meraih 500 Juta Pengguna Aktif Bulanan

kabarteknologi.com – Bisa dibilang Instagram adalah aplikasi edit dan berbagi foto sekaligus media sosial yang paling fenomenal. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 lalu, media sosial ini pun telah berhasil menarik lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia.

Belakangan ini pun Instagram tampak berhasil menunjukan bahwa mereka adalah salah satu media sosial terpopuler di dunia. Beberapa waktu lalu, atau tepatnya 21 Juni 2016 kemarin, media sosial yang saat ini dimiliki oleh Facebook tersebut pun mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan 500 juta pengguna aktif bulanan dengan 300 juta diantaranya merupakan pengguna aktif yang setiap harinya menggunakan Instagram.

Instagram

Laporan tersebut secara tidak langsung mengungkapkan bahwa hanya dalam waktu sembilan bulan sejak September 2015 lalu, Instagram telah berhasl mendapatkan 100 juta pengguna aktif baru. Kebanyakan pengguna berasal dari luar wilayah Amerika Serikat dengan jumlah pengguna terbanyak berasal dari Jepang dan Brasil. Disusul dengan Indonesia yang saat ini merupakan basis pengguna terbesar ketiga di dunia.

Prestasi yang didapatkan Instagram beberapa waktu lalu tersebut membuat media sosial ini semakin memerkokoh posisinya sebagai salah satu media sosial terpopuler di dunia. Instagram pun semakin meninggalkan Twitter yang saat ini mendapatkan jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 310 juta pengguna. Meski demikian, media sosial tersebut masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Facebook yang hingga kini telah mendapatkan 1,65 miliar pengguna aktif bulanan.

Bisa dibilang perkembangan yang begitu signifikan in mulai terlihat sejak mereka diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 lalu. Sejak saat itu banyak perubahan yang dilakukan untuk menarik minat pengguna, mulai dari mengubah tampilan aplikasi mobile hingga mengganti logo. Bahkan susunan linimasa yang digunakan Instagram pun kini berubah menjadi berdasarkan algoritma.

Saat ini jika dilihat dari segi bisnis, Instagram tampaknya semakin menjanjikan. Bahkan hingga kini sebanyak lebih dari 200 ribu perusahaan telah beriklan di media sosial tersebut.

Selain itu, kini durasi maksimal video untuk iklan pun telah diperpanjang. Sebelumnya durasi video maksimal tersebut hanya 30 detik. Namun kini video yang dapat diunggah bisa mencapai 60 detik. Tentu saja hal itu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari iklan.

Jika melihat prestasi yang dicapai oleh Instagram, maka bisa dibilang media sosial tersebut memiliki masa depan yang sangat cerah meski harus berhadapan dengan media sosial populer lain seperti Path dan Snapchat.