Xbox Scorpio, Resmi Diperkenalkan Buat Sony Ketar-Ketir

Baru-baru ini memang baru saja diadakan sebuah ajang elektronik terbesar di dunia yang bernama Electronic Entertainment Expo (E3) 2016. Ajang elektronik terakbar ini membawa berbagai macam produk dan brand dari seluruh dunia untuk memamerkan berbagai karya terbaik mereka ke mata dunia. Dan salah satu yang mengguncang ajang ini adalah perilisan yang dilakukan oleh perusahaan kelas dunia yakni Microsoft.

Microsoft secara mengejutkan ternyata mengeluarkan sebuah seri konsol gaming terbaru yakni Xbox ‘Scorpio’. Xbox ‘Scorpio’ ini adalah varian generasi penerus dari Xbox One yang sudah sukses dan dirilis beberapa tahun yang lalu. Perilisan ini ternyata banyak disebutkan oleh pengamat akan membuat pihak Sony merasa kecolongan. Namun jangan salah, Sony sendiri meski belum merilis apapun pihaknya dikabarkan sedang terus melakukan penyempurnaan untuk konsol gaming penerus dari Sony Playstation 4.

Xbox Scorpio

Beberapa informasi memang menyebutkan jika generasi penerus dari Sony Playstation 4 ini nantinya akan membawa nama Sony Playstation 4.5. Namun arti kata kecolongan ini memang bisa diartikan jika Sony merasa kaget kecolongan kenapa Microsoft bisa secepat itu mengumumkan Xbox ‘Scorpio’, atau yang dalam pengembangannya juga disebut sebagai project Scorpio. Pihak Microsoft sendiri memang sudah resmi memperkenalkan konsol gaming terbaru merekan, namun untuk pemasaran ke public sendiri ternyata Xbox ‘Scorpio’ ini baru akan dilempar ke public pada tahun 2017 mendatang.

Namun memang pihak playstation masih kaget dengan langkah Microsoft yang memperkenalkan produk mereka satu tahun sebelum dirilis. Padahal dalam kurun satu tahun ini cukup panjang sehingga pastinya nantinya aka nada saja perkembangan lain di dalamnya. Sehingga hal ini ditakutkan akan menganggu konsistensi pengembangan yang dilakukan. Teknologi juga berkembang cepat sehingga banyak hal yang akan berubah dalam setahun ke depan.

Memang hal ini pernah terjadi pada Sony ketika mengumumkan pengembangan PlayStation 4 pertama kali. Sony langsung dihujani berbagai kritik super pedas dimana banyak yang mengkritik, lantaran Sony sendiri belum bisa memastikan dengan jelas kapan PlayStation 4 diluncurkan. Dan memang benar, Sony harus terpaksa mengikuti perkembangan teknologi dan terus memaksa tim melakukan sejumlah perubahan rencana dari yang sebelumnya.

Sementara itu setelah diperkenalkan, Xbox ‘Scorpio’ ini banyak diklaim sudah mampu memainkan game dengan kualitas gambar hingga 4K. Namun pihak Xbox Head Phil Spencer mengatakan dengan tegas jika semua developer game tidak harus membuat game dengan kualitas 4K. Namun pihaknya terus membahas hal ini agar ditemukan titik pasti apakah semua game harus wajib 4K atau bisa dinamis dimana developer bisa menciptakan game 4K atau tidak sesuai dengan permintaan pasar. Spencer sendiri juga lebih menyarankan developer bekerja dengan bebas tanpa ada patokan harus membuat game dengan basis grafik tinggi seperti 4K yang dimana wajib harus tembus 60FPS.