Superkomputer Tercepat Di Dunia Adalah TaihuLight 100% Buatan Negara China

Dunia teknologi saat ini memang sangat berkembang dengan begitu pesat dari waktu ke waktu. Salah satu perkembangan tercepat adalah dalam bidang computer yang memang peminatnya sangat besar di seluruh dunia. Komputer saat ini memang menjadi salah satu perangkat teknologi paling canggih dan paling dibutuhkan di dunia. Berbagai hal saat ini digerakan dengan system komputasi super canggih.

Kehidupan saat ini memang serba mudah dengan hadirnya perangkat computer yang semakin canggih ini. Mengurus berkas data dengan jumlah yang sangat banyak bisa dikerjakan secara ringkas menggunakan perangkat bernama computer ini. Padahal sebelumnya untuk urusan berkas harus menggunakan metode kertas yang jelas sangat merepotkan dan tentunya tumpukan berkas ini akan membuat anda kesulitan dalam mencari data itu di kemudian hari.

TaihuLight

Sementara itu dalam dunia game juga computer sudah menjadi salah satu kebutuhan mutlak. Gaming dengan media computer saat ini menjadi favorit banyak konsumen karena jelas lebih unggul jika dibandingkan dengan konsol gaming biasa. Sehingga perkembangan spesifikasi hardware untuk gaming pun terus berkembang dengan sangat pesat dan peminatnya semakin membludak di berbagai negara saat ini.

Namun dalam dunia computer saat ini juga sedang heboh dengan jenis computer tercepat di dunia yakni jenis super computer. Jenis computer ini adalah computer dengan kinerja luar biasa tinggi dan cepat. Dan saat ini baru saja dinobatkan sebuah super computer tercepat di dunia hadir dari negara China dengan nama TaihuLight. Super computer TaihuLight ini hadir dengan kemampuan super tinggi dan mampu mengalahkan Tianhe-2 yang juga berasal dari China.

Kabar ini berasal langsung dari situs TOP500 yang menyajikan informasi akurat dan up-to-date mengenai daftar 500 superkomputer tercepat di dunia. Asal anda tahu, super computer TaihuLight ini ternyata adalah produk buatan asli dari berbagai komponen di negara China. Jadi bisa dipastikan jika super computer TaihuLight ini adalah produk asli China dengan komponen yang juga dirakit dan dibuat 100% di negara China.

TaihuLight sendiri sudah mendapatkan pengembangan seperti pada sektor prosesor, arsitektur, produksi komponen, hingga desain keseluruhan superkomputer TaihuLight ini dibuat di negara tersebut. Sementara berbicara kecepatan dari super computer TaihuLight ini mengacu pada benchmark LINPACK, TaihuLight ini mampu membukukan kinerja hingga 93 petaflops untuk operasi aljabar linier spesifik dan 125 petaflops pada mode peak production.

Jelas benchmark tersebut menunjukkan bagaimana luar biasanya super computer ini yang di dalamnya 100% buata china tidak ada campur tangan hardware dari komponen negara Amerika Serikat. TaihuLight sendiri hadir dengan tenaga super gahar yakni 40.960 node yang mana masing-masing node ditenagai oleh prosesor ShenWei yang mengusung 260-core. Masing-masing node pada TaihuLight ini dihubungkan oleh modul interkoneksi kostum yang juga dikembangkan dalam negeri.

Bahkan di setiap node super computer ini sudah dipasangi dengan RAM berkapasitas 32GB dengan total keseluruhan 1,3PB. Saat ini TaihuLight ini adalah kepemilikan dari The National Research Center of Parallel Computer Engineering & Technology (NRCPC). Organisasi tersebut menggunakan superkomputer ini untuk riset, engineering, analisa, dan model prediksi iklim.