Tumblr Siap Hadirkan Layanan Live Video

kabarteknologi.com – Saat ini hampir semua perusahaan teknologi raksasa sudah menyediakan layanan live video. Sebut saja Twitter dengan Periscope-nya dan Facebook dengan Facebook Live-nya. Team pengembang dari kedua sosial media tersebut terlihat cukup serius dalam menggarap fitur layanan live videonya. Hal ini memang tidak mengherakan mengingat layanan layanan live video sendiri akhir-akhir ini terbilang cukup populer, terutama dikalangan gamer.

Selain Twitter dan Facebook, Google juga sudah menyediakan fitur live video melalui YouTube. Baru-baru ini pun platform mikroblog dan situs jejaring social Tumblr terlihat berusaha untuk menghadirkan layanan yang serupa.

Layanan Live Video

Informasi ini diketahui dari teaser resmi yang diunggah Tumblr via promo melalui blog resminya di livevideo.tumblr.com. David Chartier yang pertama kali menemukan teaser ini menyebarkan informasi tersebut melalui Akun Twitter resminya, @chartier.

Selain itu, Tumblr juga membuat sebuah halaman khusus yang berjudul Live Video on Tumblr. Halaman tersebut menyebutkan bahwa mereka akan menyiarkan video siaran langsung hari ini, tanggal 21 Juni 2016. Ada beberapa acara yang akan disiarkan seperti pelajaran basket dari atlet Harlem Globetrotter dan sesi tanya jawab dengan Adam J. Kurtz. Selain itu, ada juga acara dengan judul-judul yang cukup unik seperti Mempelajari Kebenaran Metafisika mengenai Akun Tumblr Anda dan Siaran Langsung dari Mars.

Kabarnya fitur terbaru dari platform blogging yang sebelumya sempat dikabarkan akan diblokir oleh Menkominfo ini diperkirakan dapat Anda nikmati melalui perangkat mobile dan web browser. Selain itu, Tumblr juga mengijinkan Anda untuk menyimpan layanan live video tersebut melalui perangkat Anda. Dengan demikian, Anda dapat memutarnya kembali saat siaran selesai.

Sekedar informasi tambahan, Tumblr merupakan platform microblogging dan jejaring social yang didirikan oleh David Karp di tahun 2007 lalu. Sebelumnya platform microblogging ini dioperasikan oleh Tumblr, Inc. Namun di tahun 2013 lalu, Tumblr diakuisisi oleh Yahoo.

Di bulan Januari lalu, Tumblr berhasil mendatangkan 555 juta pengunjung perbulanya. Sementara awal bulan Juni lalu, jejaring sosial ini telah merilis sebanyak 292.700.000 blog.

Tampaknya fitur siaran langsung ini merupakan upaya yang dilakukan Tumblr untuk menarik minat banyak pengguna dan meningkatkan kembali popularitasnya. Tumblr sendiri berencana untuk memperkenalkan strategi yang lebih besar dengan konten real-timenya. Dengan demikian, kemungkinan ada fitur lain yang akan diluncurkan oleh Tumblr selain layanan live video tersebut.