Robot Resepsionis Rumah Sakit Super Cerdas Bernama Pepper Siap Hadir Di Negara Belgia

Dalam era serba digital dan modern saat ini memang bukan hal yang mengejutkan jika semua saat ini bisa dikerjakan dengan cepat dan instan. Berbagai hal mulai memasuki era digital yang akan membuat pekerjaan semakin ringan dan mudah berkat penemuan-penemuan dalam bidang teknologi yang semakin canggih. Bahkan tak heran jika banyak yang memprediksi jika beberapa tahun mendatang dunia akan mulai dikendalikan oleh berbagai robot canggih untuk membantu manusia.

Robot adalah salah satu penemuan dalam bidang teknologi yang sangat canggih saat ini. Robot bisa menyerupai bentuk manusia dan dilengkapi dengan kemampuan yang juga sangat mirip dengan pergerakan manusia pada umumnya. Dan kabar terbaru kali ini adalah tentang hadirnya robot cerdas bernama Pepper di negara Belgia.

Pepper

Robot Pepper ini ternyata akan dipekerjakan di dua rumah sakit besar di negara Belgia dengan tugas sebagai resepsionis. Robot bernama Pepper ini memang diciptakan sudah sangat humanis sehingga akan sangat mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia dengan sangat natural dan menarik. Di dalam robot Pepper ini juga sudah deprogram sebuah system yang akan bisa memahami emosi seseorang. Dia menjadi robot yang kesekian kali menjadi petugas setelah beberapa robot yang ditempatkan di bank, stasiun kereta, hingga pusat perbelanjaan.

Robot Pepper ini ternyata adalah robot buatan ilmuan asal negara Jepang yang memang dikenal sebagai negara penghasil berbagai robot canggih terbesar di dunia. Namun meski dibuat di Jepang ternyata perangkat software di dalamnya masih menggunakan Zora Botts dari Belgia. Robot Pepper ini ternyata dibanderol satu unitnya dengan harga fantastis yakni mencapai angka 34 ribu dolar AS atau sekira Rp 455 juta. Banderol ini jauh lebih mahal ketimbang robot Pepper dengan kemampuan biasa, yang saat ini dijual 1.850 dolar AS atau sekira Rp 24 juta.

Robot ini sendiri memang dihadirkan untuk versi rumah sakit dan hanya terbatas sebanyak 1000 unit saja. Robot ini memiliki kemampuan luar biasa seperti mampu mengenali suara manusia dengan 20 bahasa. Robot setinggi 1,2 meter tersebut dapat membedakan tipe orang yang sedang berinteraksi, baik itu pria, wanita, atau anak-anak. Sementara itu nama dua rumah sakit yang akan menggunakan robot Pepper ini adalah rumah sakit CHR Citadelle di Liege dan rumah sakit AZ Damiaan di Ostend, Belgia.Dia menjadi resepsionis.

Rumah sakit ini sebelumnya ternyata juga sudah menggunakan robot Nao yang memiliki dimensi lebih kecil dan hanya mengurusi bangsal anak-anak dan pasien usia lanjut. Namun belakangan ini ternyata masih ada beberapa pihak yang mulai skeptic dengan penggunaan robot Pepper sebagai resepsionis. Hal ini dikarenakan robot Prof Noel Sharkey, ada sisi berlebihan dari robot terutama menyangkut kemampuannya mendeteksi emosi. Hal inilah yang dipermasalahkan oleh beberapa pengamat sehingga masih kurang tepat untuk digunakan di sebuah lembaga rumah sakit.