Facebook Hadirkan Fitur Foto 360 Derajat

KabarTeknologi – Pada bulan Mei lalu, Facebook telah mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan dukungan foto dengan sudut pandang 360 derajat. Hal ini dilakukan oleh facebook setelah sebelumnya sudah menghadirkan fitur dukungan untuk video 360 derajat tepatnya pada tahun lalu.

Dengan adanya fitur foto 360 derajat ini sehingga sudah bisa dirasakan oleh pengguna sosial media facebook, dimana pengguna sekarang sudah bisa melihat foto dalam modus 360 derajat.

Facebook Hadirkan Fitur Foto 360 Derajat

Sebetulnya fiitur ini lebih condong kearah virtual reality ketika dipasangkan dengan headset VR seperti Oculus Rift, HTC Vive atau mungkin headset yang lebih sederhana seperti Samsung Gear VR atau Google Cardboard.

Keuntungan dengan hadirnya fitur foto 360 derajat ini adalah pengguna bisa melihat foto dari sudut pandang yang lebih dinamis. Tentu saja untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus memiliki kamera yang bisa mengambil foto dengan sudut 360 derajat.

Namun kamera 360 derajat sendiri saat ini masih belum terlalu populer disemua kalangan masyarakat. Menyadari hal itu, Facebook sudah mengimvestasikan dana yang cuku besar untuk bisnis VR melalui Oculus Rift, sehingga membuat dukunngan VR kedalam media sosial facebook jadi masuk akal.

Selain itu, beberapa perusahan yang dulunya tidak pernah menggeluti dunia teknologi namun kini perlahan masuk ke bisnis VR. Seperti perusahaan Getty yang telah mengumumkan divisi VR mereka sendiri. Dimana mereka akan menyebarkan stok foto virtual reality mereka, sehingga semakin banyak foto keasi 360 derajat yang dapat Kita lihat di facebook.

Untuk memperkenalakn fitur tersebut kepada penggunanya, facebook sudah merekrut musisi legendaris Paul McCartney. Pentolan grup the Beatles tersebut sudah mendapat kesempatan untuk memamerkan foto 360 derajat pertama via akaun facebook miliknya.

Untuk kalian yang penasaran mengunggah foto 360 derajat di akaun media sosial facebook peribadimu, kalain bisa menggunakan kamera smartphone dengan mode 360 photos. Setelah diunggah, facebook akan melakukan konversi untuk foto tersebut agar menjadi foto dengan mode berputar 360 derajat.

Semua fitur ini kabarnya bisa langsung dirasakan untuk semua pengguna, baik yang menggunakan android maupun perangkat iOS. Kalian tertarik mencobanya ?