Vivo Xplay 5, Smartphone Dengan RAM Terbesar Di Dunia Resmi Dijual Seharga Rp 8 Juta

Vivo XPlay 5

Produsen smartphone asal Tiongkok saat ini jumlahnya benar-benar sangat banyak dan bermacam-macam. Dan kali ini salah satu produsen smartphone asal negara Tiongkok bernama Vivo resmi mengeluarkan varian produk terbaru dengan mengusung sebuah smartphone dengan nama Vivo Xplay 5. Smartphone ini menawarkan kemampuan yang sangat tinggi dikelasnya saat ini.

Smartphone terbaru dari Vivo ini menawarkan kemampuan seperti pada sektor hardware mengusung kapasitas RAM sebesar 6GB yang jelas sangat gahar untuk ukuran smartphone saat ini. Bahkan smartphone Vivo Xplay 5 ini menjadi yang pertama di dunia dengan kapasitas RAM terbesar di dunia saat ini.

Semakin besar RAM jelas akan semakin membuat kinerja smartphone ini sangat responsif dan dijamin akan terbebas dari masalah seperti error atau laggy. Jelas kapasitas RAM yang super besar ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk meminang smartphone ini. Varian warna dari smartphone Vivo Xplay 5 ini menawarkan beberapa pilihan seperti Champagne Gold dan Rose Gold.

Smartphone ini juga sudah dibekali dengan ukuran layar seluas 5,43 inci dengan resolusi Quad HD 2560 x 1440 piksel yang menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) yang menawarkan kerapatan hingga lebih dari 500 ppi. Pada sektor audio, ternyata smartphone ini sudah membawa dukungan audio kelas premium seperti dukungan HiFi 3.0 yang mengandalkan chip audio ES9028 + OPA1612.

Smartphone ini sayangnya masih mengusung versi sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Funtouch OS UI. Hal ini disayangkan karena saat ini seharusnya sudah menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow yang terbaru.

Untuk sektor fotografi, smartphone ini menawarkan kamera belakang beresolusi besar yakni 16MP dengan beberapa fitur sensor Sony Exmor IMX298 yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.0 didukung oleh fitur dual-tone LED flash, OIS, serta phase-detection autofokus. Dan untuk kamera depan mengusung resolusi sebesar 8MP dengan sensor BSI yang mantab.

Untuk kapasitas baterai masih terasa kurang karena smartphone dengan RAM terbesar di dunia ini hanya dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 3600mAh saja yang tergolong standar tidak terlalu besar.

Spesifikasi hardware lengkap smartphone ini menwarkan chipset Qualcomm Snapdragon 820, prosesor quad-core Kyro 64-bit yang terdiri dari dual-core dengan kecepatan 2,2GHz dan dual-core 1,6GHz, GPU Adreno 530, dan kapasitas RAM superbesar yakni 6GB. Penyimpanan data sudah disediakan dengan kapasitas sebesar 128GB, sayangnya tak diketahui apakah smartphone ini dilengkapi dengan slot microSD.

Untuk jaringan dan konektivitas mengusung beberapa fitur pendukung seperti 4G LTE, Bluetooth, port USB, 3G HSPA, WiFi, GPS, dan NFC (Near Field Communications), serta sensor sidik jari. Dan untuk harga, smartphone Vivo Xplay 5 ini ditawarkan dengan banderol harga sekitar CNY 4288 atau sekitar Rp 8,7 juta.