Ingin Membeli Smartphone Android Murah? Coba Perhatikan 5 Hal Berikut

kabarteknologi.com – Beberapa tahun lalu, smartphone dengan spesifikasi dan fitur-fitur canggih hanya bisa didapatkan dengan harga yang cukup mahal. Namun seiring berkembangnya teknologi, smartphone-smartphone dengan harga terjangkau pun saat ini sudah memiliki performa yang cukup handal dan dilengkapi dengan fitur-fitur pelengkap yang terbilang canggih.

Tetapi tentu saja, membeli smartphone murah terkadang menjadi perkara yang tidak mudah. Ditambah lagi saat ini ada banyak smartphone yang tersedia dipasaran sehingga membuat konsumen merasa kebingungan.

Smartphone Android Murah

Oleh sebab itulah dalam artikel kali ini, kami menampilkan 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli smartphone android murah.

Prosesor

Saat ini kebanyakan smartphone dengan harga terjangkau sudah diperkuat dengan prosesor yang handal. MIsalnya saja chipset Mediatek Helio X10 yang setara dengan SoC kelas atas yang diluncurkan sekitar tahun 2013-2014 lalu.

Selain itu, smartphone dengan chipset kelas menengah dari Qualcomm seperti Snapdragon 615 dan Snapdragon 616 juga terbilang cukup tangguh.

Kapasitas RAM

Ada baiknya Anda menghindari smartphone dengan RAM 1 GB. Ini karena saat ini smartphone android murah sudah banyak yang menggunakan RAM 2GB. Selain itu, beragam aplikasi terbaru yang tersedia untuk perangkat android pun membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar.

Efek RAM yang terbilang kecil memang tidak akan terasa di awal-awal penggunaan smartphone. Namun seiring dengan banyaknya aplikasi yang Anda install, maka beberapa masalah pun akan bermunculan.

Sektor Kamera

Peningkatkan spesifikasi untuk smartphone android murah tidak hanya dapat dilihat dari segi dapur pacunya saja, tetapi juga dari sektor kamera. Saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan smartphone harga terjangkau yang membawa kamera utama beresolusi 13 megapiksel lengkap dengan fitur-fitur pendukungnya.

Beberapa smartphone bahkan membawa kamera utama dengan resolusi yang sangat tinggi, sebut saja Xiaomi Redmi Note 3 yang mengusung kamera 16 megapixel dan Infinix Zero 3 dengan kamera 20 megapiksel yang menggunakan sensor Sony.

Daya Tahan Baterai

Smartphone-smartphone terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Selain itu, prosesor yang digunakan juga kebanyakan sudah irit daya. Jadi pastikan Anda memilih smartphone dengan kriteria tersebut.

Beberapa smartphone harga terjangkau yang hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar adalah Infinix Note 2 dan Xiaomi Redmi 3. Keduanya dijual dengan harga di bawah Rp 2 jutaan namun memliki datya tahan baterai yang luar biasa.

Fitur pelengkap

Perhatikan juga fitur-fitur pelengkap yang sudah disematkan pada smartphone yang akan Anda beli. Ini karena fitur-fitur yang sebelumnya hanya dimiliki smartphone kelas atas kini dapat dengan mudah ditemukan pada smartphone dengan harga yang terjangkau.

Beberapa fitur handal yang saat ini sudah banyak disematkan pada smartphone-smartphone entry level dan mid-range adalah penggunakan LED flash pada kamera depan, NFC dan sensor sidik jari.

smartphone kelas menengah dengan skor antutu di atas rata rata