Fitur-Fitur Yang Wajib Dimiliki Kamera Pada Smartphone Kelas Atas

Smartphone saat ini memang kegunaan atau fungsinya sudah jauh dari peruntukannya. Fungsi utama untuk berkomunikasi standar seperti sms dan telepon sudah banyak digantikan dengan berbagai fitur menarik lainnya seperti chatting, video call, dan lain-lain yang jelas lebih murah, menarik dan cepat. Smartphone saat ini juga semakin lengkap dengan membawa berbagai fitur penting di dalamnya, terutama pada sektor kamera yang saat ini juga digemari.

Smartphone dengan kamera tinggi biasanya adalah golongan smartphone kelas menengah keatas hingga kelas premium. Smartphone dengan kamera tinggi memang akan sangat menyenangkan karena anda bisa mengabadikan berbagai momen penting anda dari genggaman anda saja. Smartphone dengan kamera tinggi ternyata memiliki beberapa syarat fitur khusus yang harus dihadirkan agar menjadi kamera smartphone yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa ulasan singkatnya.

Smartphone

  1. HDR (High Dynamic Range)

Dalam istilah dunia fotografi ada sebuah fitur yang sangat penting bernam HDR (High Dynamic Range). Sayangnya fitur vital ini ternyata tidak terlalu dimengerti oleh orang awam sehingga mereka tidak memperdulikan masalah HDR (High Dynamic Range) pada kamera smartphone yang mereka beli.

Fitur HDR sendiri adalah untuk menyempurnakan foto yakni dengan system menangkap gambar sebanyak tiga kali dengan tingkat exposure yang berbeda-beda, dan memadukannya untuk memberikan hasil yang paling sesuai dengan aslinya. Fitur yang sangat penting untuk anda perhatikan.

  1. Dual-LED Flash

Fitur ini juga menjadi penting untuk kamera smartphone kelas atas, karena fitur ini akan benar-benar membantu anda mengabadikan momen dalam jepretan foto di tempat yang kurang cahaya. Fitur dual LED Flash ini benar-benar akan menghasilkan cahaya lebih focus dan lebih terang dari single LED Flash.

  1. Manual Setting

Fitur manual setting ini jelas sangat penting untuk perangkat smartphone dengan kamera tinggi. Fitur ini akan membuat anda bisa leluasa dalam menentukan settingan kamera anda sebelum menjepret. Bahkan saat ini mode manual pada smartphone sudah setara dengan kamera sekelas DSLR. Jadi bisa anda bayangkan, anda bisa menghasilkan jepretan hingga dengan file RAW layaknya anda menjepret menggunakan kamera DSLR. Beberapa fitur yang paling sering di otak-atik di mode manual ini adalah ISO, White Balance, dan Exposure.

  1. Autofokus

Fitur ini wajib hadir dan wajib cepat, dimana pengambilan gambar secepat apapun hasilnya akan terlihat jernih dan menarik tidak blur atau kabur. Semakin cepat autofocus bekerja maka akan semakin baik juga hasil jepretan foto anda. Saat ini ada berbagai teknologi autofocus super cepat seperti Phase Detection Auto-Focus (PDAF), Laser Autofocus, Dual-Pixel. Ketiga teknologi ini masing-masing memang memiliki kecepatan tersendiri dan mampu menghasilkan kualitas jepretan yang sama-sama bagus. Dari sini anda bisa memperkirakan apa saja yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli smartphone high-end dengan kamera tinggi.