Sony Siapkan Xperia E5? Ponsel Mid-Range dengan RAM 1,5GB

KabarTeknologi.com – Selama dua tahun ke depan, Sony dikabarkan akan berfokus pada seri Xperia X nya. Itu berarti, dalam kurun waktu tersebut kita tidak akan melihat jajaran seri non-flagship besutan perusahaan asal Jepang tersebut di pasar smartphone, termasuk seri Xperia E, Xperia M dan Xperia C.

Tetapi kemunginan besar rumor tersebut tidak tepat mengingat beberapa waktu lalu muncul dokumen yang berasal dari Russia. Dokumen tersebut menunjukan bahwa Sony saat ini sedang menyiapkan seri Xperia E yang akan hadir dengan nama Sony Xperia E5.

Xperia E5

Sony Xperia E5 sendiri memiliki sektor kamera yang cukup menonjol. Smartphone ini tampaknya juga akan diluncurkan untuk menarik minat konsumen kelas menengah. Di sektor display, smartphone Xperia E5 ini akan membawa layar sentuh yang beresolusi HD 1280 x 720 piksel. Layar tersebut pun hadir dengan ukuran 4,6 inci dan memiliki kerapatan piksel mencapai 320 ppi.

Smartphone mid-range ini kabarnya akan menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow. OS tersebut  akan dibalut dengan antarmuka khas Xperia UI. Kinerja yang dimiliki Sony Xperia E5 ini terbilang cukup standar. Di bagian dapur pacunya, smartphone terbaru dari Sony ini mengandalkan chipset MediaTek MT6735. Chipset yang diperkuat GPU Mali-T720 MP2 dan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berkecepatan 1,3GHz ini juga akan disandingkan dengan RAM sebesar 1,5GB.

Untuk konektivitas, Sony akan membekali smartphone Xperia E5 ini dengan fitur-fitur seperti NFC, GPS, Bluetooth, 3G HSPA dan 4G LTE. Untuk ruang penyimpanan, smartphone terbaru dari Sony ini akan membawa ROM dengan kapasitas 16 GB. Selain itu, Sony juga sudah melengkapi smartphone ini dengan slot microSD. Dengan slot tersebut, para pengguna dapat melakukan eskpansi memori hingga kapasitas 200GB.

Kamera utama yang dimiliki Sony Xperia E5 hadir dengan resolusi 16 megapiksel. Kamera tersebut akan menggunakan sensor Sony Exmor RS yang berukuran 1/3 inci. Kamera dengan aperture f/2.0 ini juga dilengkapi dengan LED flash dan kemampuan autofokus. Sementara untuk kamera depan, Sony akan menyematkan kamera beresolusi 5 megapiksel yang tentunya sangat mendukung foto selfie dan video call.

Meski hadir dengan performa yang cukup standar, Sony Xperia E5 masih dapat menjadi pilihan yang menarik untuk konsumen kelas mid-range. Sayangnya hingga saat ini keberadaan dari Sony Xperia E5 masih sebatas rumor. Selain itu, Sony sendiri masih belum mengkonfirmasi kabar tersebut.