Inilah Alasan Kenapa Moto G4 dan G4 Plus Tak Anti Air

KabarTeknologi.com – Beberapa waktu lalu Moto G4 dan G4 Plus telah diluncurkan di Meksiko dan India. Generasi terbaru dari seri Moto G ini pun diperkuat dengan jeroan yang cukup mumpuni. Peningkatan yang signifikan juga terlihat di sektor dapur pacunya berkat dukungan dari Chipset Snapdragon 617 dan RAM 2GB/3GB yang disematkan di sektor tersebut.

Selain hadir dengan dapur pacu yang lebih powerful, Moto G4 dan G4 Plus juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Sayangnya kedua smartphone tersebut sama sekali tidak mendapatkan sertifikasi IP67. Dengan kata lain, kedua seri Moto G ini tidak memiliki kemampuan water resistant atau daya tahan terhadap air.

Moto G4 dan G4 Plus

Hal ini cukup mengherankan mengingat Moto X (2015) dan Moto G (2015) yang diluncurkan tahun lalu sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Menanggapi hal itu, Laton Honeyghan selaku Moto Product Expert mengatakan bahwa daya tahan terhadap air bukan pertimbangan utama saat konsumen membeli smartphone. Selain itu, menyematkan fitur tersebut pada sebuah smartphone juga akan berpengaruh terhadap segi desain.

Honeyghan juga mengatakan bahwa dengan menambahkan mur, baut dan sejenisnya untuk keperluan fitur anti air akan membuat tampilan smartphone terlihat gemuk. Namun meski tidak dilengkapi dengan fitur anti air, Moto G4 dan G4 Plus masih tetap aman saat terkena cipratan air dan debu.

Moto G4 dan G4 Plus sendiri merupakan smartphone seri Moto G terbaru yang diperkenalkan beberapa waktu lalu. Keduanya sama-sama hadir dengan dimensi 153 x 76.6 x 9.8 mm dan berat 155 gram. Di sektor display, kedua smartphone ini mengusung layar IPS LCD yang berukuran 5.5 inci. Layar tersebut pun menawarkan resoolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan piksel mencapai 401 ppi.

Moto G4 dan G4 Plus menjalakan OS Android v6.0.1 (Marshmallow). Di sektor dapur pacu, kedua smartphone tersebut mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 617 yang diperkuat dengan GPU Adreno 405 dan prosesor Quad-core Cortex-A53 1.5 GHz + quad-core Cortex-A531.2 GHz. Selain itu, kedua smartphone ini juga akan mengusung RAM dengan kapasitas 2GB/3GB.

Di sektor kamera, Moto G4 membawa kamera utama yang berkekuatan 13 megapiksel sementara G4 Plus mengusung kamera utama 16 megapiksel. Meski memiliki kamera utama dengan resolusi yang berbeda, keduanya masih memiliki kamera depan yang sama-sama hadir dengan resolusi 5 megapiksel.