√ Gangguan Layanan Twitter X Global, Pengguna Ramai-ramai Beralih ke Platform Lain - Kabar Teknologi

Gangguan Layanan Twitter X Global, Pengguna Ramai-ramai Beralih ke Platform Lain

Kabar Teknologi-Puluhan ribu pengguna Twitter X melaporkan gangguan layanan di platform media sosial yang kini dikenal sebagai Twitter X, kepunyaan Elon Musk. Laporan mengenai masalah ini mengalir deras di website pemantau Downdetector sejak pukul 6.00 GMT atau 13.00 WIB.

Downdetector mencatat peningkatan drastis dalam laporan kesalahan, dengan linimasa Twitter X yang tampak kosong, menyebabkan pengguna tidak dapat melihat tweet baru. Meskipun demikian, website resmi twitter.com masih dapat diakses.

Kesulitan mengirim pesan di Twitter X memicu netizen global untuk beralih ke platform media sosial pesaing, seperti Facebook, Threads milik Instagram, dan Reddit.

Layanan Twitter X berhasil pulih sekitar pukul 06.40 GMT atau 13.40 WIB. Amerika Serikat menjadi pusat laporan kesalahan terbanyak, dengan 67.000 pengguna melaporkan permasalahan yang sama. Masalah juga terjadi di Twitter X Pro, sebelumnya dikenal sebagai TweetDeck.

Meskipun insiden ini menciptakan ketidaknyamanan bagi pengguna, Twitter X belum memberikan komentar resmi mengenai gangguan yang terjadi pada siang itu.

Kejadian ini menjadi salah satu dalam serangkaian gangguan sejak kepemilikan oleh Elon Musk pada platform tersebut. Pada Februari lalu, pengguna melaporkan masalah serupa, termasuk kesulitan mengirim pesan dan batasan post harian yang membuat mereka tidak dapat mengirim direct messages.

Selain tantangan teknis, Twitter X saat ini juga tengah menghadapi penyelidikan di Uni Eropa terkait kegagalan dalam menanggulangi konten berita palsu dan ujaran kebencian. Situasi ini telah mendorong sejumlah pengiklan untuk menghentikan belanja iklan mereka di Twitter X.

Gangguan layanan dan tantangan regulasi ini menciptakan sorotan terhadap ketahanan dan manajemen platform media sosial yang terus dihadapi oleh Twitter X di bawah kepemimpinan Elon Musk.

Get notifications from this blog