Samsung Galaxy Xcover 3 Value Edition, Smartphone Tangguh Rp 3,2 jutaan

KabarTeknologi.com – Tahun lalu, Samsung telah meluncurkan smartphone Galaxy Xcover 3 yang diperuntukan bagi kelas menengah. Dan beberapa waktu lalu, Samsung pun kembali meluncurkan versi upddate dari smartphone tersebut.

Smartphone yang hadir dengan nama Samsung Galaxy Xcover 3 Value Edition ini pun dijual dengan harga $250 atau sekitar Rp 3,2 jutaan. Spesifikasi yang diusungnya tidak jauh berbeda dengan versi pendahulunya, hanya saja smartphone Galaxy Xcover 3 Value Edition ini sudah menjalankan Android 6 Marshmallow. OS Android terbaru yang digunakan Galaxy Xcover 3 Value Edition ini pun sudah dibalut antarmuka TouchWiz Essence UI.

Samsung Galaxy Xcover 3 Value Edition

Samsung Galaxy Xcover 3 Value Edition sendiri hadir dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci. Layar jenis TFT kapasitif ini menawarkan tampilan gambar beresolusi WVGA 800 x 480 piksel. Selain itu, layar tersebut juga hadir dengan kerapatan piksel 199 ppi.

Kinerja yang dimiliki smartphone Samsung Galaxy Xcover 3 Value Edition terbilang cukup standar. Di bagian dapur pacunya, smartphone terbaru dari Samsung ini dibekali dengan chipset Marvell PXA1908 yang mengandalkan kinerja dari prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit berkecepatan 1,2GHz. Selain itu, Samsung juga sudah memperkuat dapur pacu yang dimiliki smartphone ini dengan RAM sebesar 1,5GB dan pengolah grafis Vivante GC7000UL yang cukup mumpuni.

Smartphone tangguh yang ditenagai baterai 2200mAh ini membawa kamera utama yang beresolusi 5 megapiksel. Kamera yang tersemat di bagian belakang tersebut memiliki kemampuan autofokus. Selain itu kamera tersebut juga didukung fitur LED flash. Bagaimana dengan kamera sekundernya? Kamera sekunder yang dimiliki smartphone ini hadir dengan resolusi 2 megapiksel. Kamera yang disematkan di bagian depan tersebut pun dapat digunakan untuk video call atau foto selfie.

Untuk urusan ROM, Samsung Galaxy Xcover 3 Value Edition membawa ROM dengan kapasitas 8 megapiksel. Selain itu, Samsung juga sudah melengkapi smartphone ini dengan slot microSD. Di sektor konektivitas, smartphone seri Galaxy terbaru dari Samsung ini membawa fitur pelengkap seperti GPS/GLONASSS dan Bluetooth 3.0. Sayangnya Samsung sama sekali tidak melengkapi smartphone tersebut dengan 4G LTE.

Samsung Galaxy Xcover 3 Value Edition sendiri dilapisi dengan lapsian karet yang cukup tangguh. Smartphone ini pun telah memenuhi standar MIL-STD 810G dan memiliki sertifikat IP67. Sertifikat tersebut merupakan bukti dari daya tahan yang dimiliki smartphone ini terhadap suhu ekstrim, radiasi matahari, garam, benturan, getaran dan hujan.