Soni Perkenalkan Xperia X Premium, Usung Layar Sentuh HDR

KabarTeknologi.com – Di bulan Februari lalu, Sony telah memperkenalkan 3 smartphone seri X terbarunya. Ketiga smartphone yang diperkenalkan tersebut adalah Xperia X, Xperia X Performance dan Xperia XA. Dan di bulan ini, Sony pun memperkenalkan smartphone seri X ke empat. Smartphone tersebut adalah Xperia X Premium.

Xperia X Premium sendiri merupakan successor dari Xperia Z5 Premium yang diluncurkan tahun lalu. Kabarnya Sony akan menyematkan layar sentuh HDR yang mampu menampilkan konten 4K. Layar tersebut pun hadir dengan ukuran 5.5 inci dan menawarkan tampilan yang sangat jernih dengan resolusi 2160 x 3840 pixels dan kerapatan piksel mencapai 801 ppi.

Xperia X Premium

Layar tersebut juga dapat meningkatkan kedalaman warna dari 16,8 juta warna hingga menjadi 1,07 miliar warna dan memiliki refresh rate yang mencapai 120 Hz. Rasio kontrasnya sendiri mencapai 2000 : 1 dan tingkat kecerahan warna putihya mencapai 1000-1300 nit. Tingkat kecerahan tersebut dua kali lipat lebih tinggi dibanding layar yang dimiliki Samsung Galaxy S7.

Kabarnya Xperia X Premium ini akan menjalakan OS Android v6.0.1 (Marshmallow). Di sektor dapur pacunya, hadir chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang membawa prosesor dual Core Kryo berkecepatan 2.15 dan dual Core Kryo berkecepatan 1.6 GHz. Chipset gahar dari Qualcomm ini pun dipadukan dengan GPU Adreno 530 dan RAM berkapasitas 3 GB.

Di sektor kamera, Xperia X Premium mengandalkan kamera utama beresolusi 23 megapiksel. Kamera tersebut menggunakan sensor berukuran 1/2.3 dan aperture f/2.0. Beberapa fitur kamera seperti LED flash, HDR, geo-tagging dan touch focus pun disematkan untuk meningkatkan kinerja dari kamera tersebut. Lalu bagaimana dengan kamera depannya? Di bagian depan, Sony membekali smartphone ini dengan kamera beresolusi 13 megapiksel yang menggunakan sensor berukuran 1/3″. Selain dapat diandalan untuk foto selfie, kamera dengan aperture f/2.0 tersebut pun mampu merekam video beresolusi 1080p.

Hingga saat ini, dimensi dan berat dari Xperia X Premium ini masih belum diketahui. Sementara untuk urusan ROM sendiri, smartphone gahar terbaru dari Sony ini hadir dengan ROM berukuran 32/64 GB. Sony juga melengkapi smartphone ini dengan slot microSD. Slot tersebut memungkinkan peningkatkan kapasitas ruang penyimpanan hingga mencapai 200 GB.

Xperia X Premium terlihat hadir dengan spesifikasi yang cukup sangar. Selain sektor display, sektor kamera dan sektor dapur pacu yang dimiliki smartphone ini pun terbilang cukup powerful.