Xiaomi Batasi Produksi Xiaomi Mi 5?

KabarTeknologi.com – Xiaomi Mi 5 adalah salah satu smartphone terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan di ajang Mobile World Congress pada akhir bulan Februari 2016 lalu. Xiaomi sendiri mulai memasarkan smartphone ini di pasar smartphone China pada bulan Maret 2016.

Sudah hampir sebulan sejak hari pertama penjualan Xiaomi Mi 5, tetapi hingga kini masih banyak konsumen yang kesulitan untuk mendapatkan smartphone tersebut. Kondisi ini membuat rumor-rumor tak sedap terkait smartphone Mi 5 mulai bermunculan. Dikabarkan bahwa Xiaomi memang sengaja membatasi produksi Mi 5 untuk meningkatkan popularitas dari smartphone tersebut.

Xiaomi Mi 5

Meski demikian, rumor tersebut coba dipatahkan oleh beberapa pihak, seperti analis IHS Technology Kevin Wang yang menyebutkan bahwa Xiaomi tidak membatasi produksi dari Xiaomi Mi 5. Hanya saja jumlah produksinya memang tidak mencukupi permintaan dari konsumen yang cukup membeludak.

Selain mengomentari mengenai ketersediaan Xiaomi Mi 5, Kevin juga memberikan saran supaya Xiaomi lebih banyak memprodusi Xiaomi Mi 5 varian warna hitam. Ini karena pinggiran hitam pada varian Mi 5 putih yang berada di sekitar layar tampak mencolok sehingga mengurangi kesedapan tampilan yang dimiliki smartphone tersebut.

Selain Kevin, beberapa media China juga memberikan komentar yang serupa terkait ketersediaan Xiaomi Mi 5 di pasar smartphone China dan sulitnya konsumen untuk mendapatkan smartphone tersebut. Menanggapi hal itu, Lei Jun yang saat ini menjabat sebagai CEO Xiaomi telah mengupayakan peningkatan jumlah produksi dari MI 5. Bahkan Foxconn dan Inventec juga mulai menerapkan sistem lembur tambahan untuk mengatasi hal tersebut.

Diperkirakan, dalam waktu seminggu jumlah produksi akan meningkat dan para pemesan pun akan lebih mudah dalam mendapatkan Xiaomi Mi 5.

Seperti yang telah disebutkan, Xiaomi Mi 5 sendiri diperkenalkan pada bulan February 2016. Smartphone yang menjalankan OS Android v6.0 (Marshmallow) ini memiliki performa yang cukup menarik berkat hadirnya Chipset Qualcomm Snapdragon 820 di sektor dapur pacunya. Selain dukungan chipset terbaru dari Qualcomm, smartphone ini juga diperkuat dengan RAM berkapasitas 3GB/4GB dan pengolah grafis Adreno 530.

Sektor kamera yang dimiliki Xiaomi Mi 5 juga tidak kalah menarik. Di sektor tersebut, Xiaomi telah menyematkan kamera beresolusi 16 megapiksel dengan aperture f/2.0. Kamera tersebut didukung dengan dual-LED (dual tone) flash, OIS (4-axis) dan fitur pelengkap lainnya. Di bagian depan, Xiaomi membekali smartphone ini dengan kamera beresolusi 4 megapiksel dengan aperture f/2. Kamera tersebut menggunakan sensor berukuran 1/3″.