Duel Sengit Smartphone Dengan Kapasitas RAM 6GB, Vivo Xplay 5 Elite vs Vernee Apollo

Persaingan antar produk smartphone saat ini juga menjadi hal yang lumrah dan wajar, namun terkadang terlalu ketat sehingga akan menyebabkan persaingan yang sangat sengit dan panas dipasaran. Kedua smartphone yang akan kita bahas ini adalah dua smartphone yang tergolong baru dan masing-masing sukses menawarkan spesifikasi hardware yang sangat tinggi. Smartphone terbaru ini adalah persaingan antara Vivo Xplay 5 Elite vs Vernee Apollo. Kedua smartphone ini menonjolkan kemampuan utama dimana sudah dibekali dengan kapasitas RAM mencapai ukuran 6GB yang luar biasa besar.

Dengan kapasitas RAM sebesar itu bisa dipastikan jika kinerja dari smartphone ini akan luar biasa cepat dan tinggi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Pemrosesan data juga akan bekerja jauh lebih cepat dari yang biasanya. Untuk perilisan sendiri, memang jauh lebih dulu datang produk smartphone Vivo Xplay 5 Elite yang sudah dirilis per tanggal 1 Maret 2016 yang lalu. Kemudian baru-baru ini disusul dengan kehadiran sebuah smartphone pendatang baru dengan kapasitas RAM juga sama besarnya yakni sebesar 6GB.

Duel

Smartphone tersebut mengusung nama Vernee Apollo dan sudah mulai resmi dikeluarkan informasinya oleh sang developer pembuat smartphone tersebut. Kita bahas sektor kamera, smartphone Vivo Xplay 5 Elite ini menawarkan kamera yang cukup mantab yakni membawa kamera belakang beresolusi 16MP yang tergolong tinggi dan mantab. Fitur kamera belakang di smartphone Vivo Xplay 5 Elite ini membawa sensor Sony IMX298, PDAF, dan dual tone LED flash. Dan untuk kebutuhan selfie atau video call, smartphone ini mengandalkan kamera depan beresolusi 8 MP dengan diafragma f/2.4.

Untuk varian Vernee Apollo, smartphone ini mengusung kamera yang dua kali lipat lebih tinggi untuk kamera belakangnya. Resolusi kamera belakang dari smartphone ini membawa resolusi sebesar 21MP dengan berbagai fitur menarik. Sementara untuk kamera depan masih sama besarnya yakni beresolusi 8MP dengan kemampuan standar untuk memenuhi kebutuhan selfie atau video call.

Pada sektor sistem operasi, ternyata Vernee Apollo jauh lebih unggul karena menggunakan sistem operasi versi Android 6.0 Marshmallow yang sudah terbaru dan update. Sementara itu untuk varian Vivo Xplay 5 Elite ini ternyata masih ketinggalan dengan meengusung versi Android 5.1 Lollipop. Sebenarnya kinerja dari Lollipop tidak buruk-buruk amat namun sangat disayangkan untuk kelas flagship ternyata OS ini tergolong ketinggalan.

Spesifikasi lengkap yang dibawa Vivo Xplay 5 Elite ini adalah layar Super AMOLED 5,43 inci beresolusi Quad HD dengan sisi-sisinya yang melengkung atau curved display. Sementara untuk hardware sudah disokong dengan chipset tipe Snapdragon 820, baterai 3600mAh dan kapasitas ROM sebesar 128 GB (tanpa slot microSD card). Sementara untuk Vernee Apollo ini juga mengusung chipset gahar tipe MediaTek Helio X20 deca-core. Kinerja hardware kedua smartphone ini memang masih tergolong setara dan sama tingginya.