Apple iPhone SE, Smartphone Layar 4 Inci Performa Setara iPhone 6s

KabarTeknologi.com – Apple baru saja mengumumkan smartphone terbarunya. Smartphone yang akan meluncur dengan nama Apple iPhone SE ini diklaim sebagai ponsel layar 4 inci yang paling bertenaga. Bahkan Apple juga menyebutkan bahwa performa dari iPhone SE ini setara dengan iPhone 6s.

Apple iPhone SE ini akan dijual dengan harga $399 atau sekitar Rp 5,25 jutaan untuk varian 32GB. Sementara varian 64GB dijual dengan harga $499 atau sekitar Rp 6,5 jutaan. Pre-ordernya sendiri akan dimulai 24 Maret mendatang di Jepang, Cina, Jerman, Inggris dan Amerika serikat dan beberapa wilayah lain. Selain itu, Apple juga akan meluncurkan smartphone tersebut di awal April nanti di beberapa negara seperti Belanda, Saudi Arabia, Yunani, Swedia dan Taiwan.

Apple iPhone SE

Layar yang diusung Apple iPhone SE merupakan layar IPS (In-Plane Switching) yang berukuran 4 inci. Layar Retina Display tersebut hadir dengan resolusi 1136 x 640 piksel. Layar dengan kerapatan piksel mencapai 326 ppi tersebut juga dilapisi dengan Ion-strenghthened glass yang dipadukan dengan oleophobic coating.

Untuk urusan performa, Seperti yang telah disebutkan, Apple iPhone SE memiliki performa yang setara dengan iPhone 6S. Di sektor dapur pacunya, Apple membekali smartphone tersebut dengan prosesor dual-core Twister 64-bit generasi ketiga. Prosesor yang berlari pada kecepatan 1,8GHz ini diperkuat PowerVR GT7600. Kapasitas RAMnya sendiri masih belum diketahui.

Di sektor kamera, iPhone SE membawa kamera utama beresolusi 12 megapiksel. Kamera yang menggunakan sensor berukuran 1/3 inci 1.22µm pixels dengan aperture f/2.2 tersebut dilengkapi TrueTone dual LED flash. Kamera yang tersemat di bagian belakang ini pun mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Sayangnya kamera tersebut tidak dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization). Di bagian depan sendiri, iPhone SE membawa kamera depan yang beresolusi 1,2 megapiksel dengan aperture f/2.4. Kamera depan tersebut tentunya kalah jauh jika dibandingkan dengan kamera yang dimiliki iPhone 6s.

Apple iPhone SE sepertinya akan menjadi pilihan yang cukup menarik untuk para fans Apple. iPhone SE ini bahkan diklaim memiliki performa yang setara dengan iPhone 6s. Selain itu, harga jualnya juga lebih murah.

Sayangnya para pecinta selfie mungkin agak sedikit kecewa dengan kamera depan yang diusung iPhone SE mengingat spesifikasinya kalah jauh dibanding iPhone 6s. Resolusinya juga terbilang kecil dan tidak dilengkapi dengan LED flash.